Pengembangan sistem informasi clinical supervision model berbasis knowledge management process dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 5 Kota Malang / Warda Indadihayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem informasi clinical supervision model berbasis knowledge management process dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 5 Kota Malang / Warda Indadihayati

Indadihayati, Warda (2017) Pengembangan sistem informasi clinical supervision model berbasis knowledge management process dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 5 Kota Malang / Warda Indadihayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indadihayati Warda. 2017. Pengembangan Sistem Informasi Clinical Supervision Model Berbasis Process Knowledge Management dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 5 Kota Malang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si. Kata kunci Clinical Supervision Knowledge Manajement Mutu Pembelajaran. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi dunia pendidikan untuk menyedikan pendidikan yang berkualitas. Penjaminan mutu pendidikan erat kaitannya dengan kondisi pembelajaran yang salah satu upaya perbaikannya dengan melaksanakan kegiatan supervisi pembelajaran di dalam kelas hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan guru-guru senior yang berkompeten untuk mensupervisi guru-guru lainnya untuk menumbuhkan hubungan kesejawatan (peer) antar guru dan supervisornya sehingga diperlukannya proses manajemen pengetahuan untuk mengelolah pengetahuan individu dalam organisasi menjadi pengetahuan organisasi dan sebaliknya melalui kegiatan supervisi pembelajaran di sekolah. Rancangan penelitian ini adalah research and development dengan menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data awal dengan metode kualitatif untuk mengetahui karakteristik latar tempat penelitian dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi yang kemudian di analisis dengan analisis SWOT (strength weakness opportunity dan threat) untuk mengetahui peluang pengembangan model di sekolah sedangkan uji kelayakan produk diuji dengan kuantitif dengan instrumen penelitian berupa angket. Sebelum produk pengembangan diuji cobakan di lapangan sebelumnya diuji ahlikan terlebih dahulu yang dalam penelitian ini menggunakan empat ahli yaitu dua ahli supervisi dari jurusan Manajemen Pendidikan satu ahli media dari jurusan Tehnologi Pendidikan dan satu ahli IT dari jurusan Teknik Informatika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendiskripsikan (a) konsep awal pengembangan model (b) proses pengembanngan model (c) faktor pendukung dan penghambat pengembangan model (d) alternatif cara mengatasi faktor penghambat pengembangan model Hasil penelitian ini adalah (1) konsep awal pengembangan model yang disesuaikan dengan karakteristik sekolah dengan mengidentifikasi tiap variabel pengembangan dengan rinciaan pengembangan (a) clinical supervision melalui tiga tahapan yaitu pertemuan awal observasi dan pertemuan balikan serta adanya instrumen supervisi secara klinik (b) knowledge management process degan peilaian kondisi guru melalui empat kuadran memilih guru yang berpotensi sebagai sebagai supervisor memberdayakan guru yang berpotensi untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan ke guru lainnya memiliki best practice pembelajaran tiap mata pelajaran (c) meningkatan mutu pembelajaran dengan penjaminan mutu pembelajaran melalui penilaian kinerja guru secara online dan laporan hasil kinerja guru secara online. (2) proses pengembangan produk dimulai dengan merancang pengembangan produk yang kemudian diujicobakan ke para ahli untuk divalidasi kelayakan instrumen pengukuran produk dan kelayakan produk di lapangan yang kemudian dilakukan uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan produk di lapangan adalah (a) faktor pendukung pelaksanaan pengembangan model di lapangan yaitu kebutuhan sekolah akan aspek-aspek yang dikembangkan pada penilaian kondisi guru secara objektif untuk menentukan guru yang berpotensi sebagai supervisor pengarsipan data perkembangan kompetensi guru melalui supervisi klinik dan PKG dan best practise pembelajaran yang dapat diakses oleh seluruh guru. (b) faktor penghambat penerapan pengembangan model ini pada aplikasi ini tergantung pada jaringan internet alamat susah ditemukan user diantaranya masih awamnya penggunaan aplikasi secara online khususnya pada guru-guru senior. (4) alternatif cara mengatasi faktor penghambat adalah menjalin hubungan kolegian dalam penggunaan aplikasi pengembangan model sehingga jika terjadi masalah pada jaringan internat kegiatan supervisi tetap berlagsung namun input data dilakukan jika jaringan internet sudah stabil mensosialisasikan pengembangan model ini secara terus menerus yang dilengkapi dengan buku panduan yang penggunaan program yang mudah di akses hal ini sebagai upaya dalam memaksimalkan pemanfaatannya. Saran pemanfaatan produk lebih lanjut ditujukan bagi (1) dinas pendidikan kota Malang sebagai menjadi rujukan dalam melaksanakan supervisi pembelajaran dengan pendekatan klinik dalam meningkatkan mutu pembelajaran hal ini dapat mempermudah dalam pemantauan kualitas pembelajaran guru sekolah dan implementasi penilaian kinerja guru bagi sekolah-sekolah (2) SMP Negeri 5 kota Malang sekolah negeri yang menjadi salah satu sekolah induk di kota Malang diharapkan mampu mengembangkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan pembinaan terhadap profesionalisme guru di sekolah (3) bagi sekolah lain guna membantu sekolah-sekolah menjalankan supervisi pembelajaran karena dalam program yang dikembangkan dilengkapi dengan panduan mekanisme pelaksanaan supervisi klinik dengan memanfaatkan teman sejawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57630

Actions (login required)

View Item View Item