Hubungan pelaksanaan supervisi pengajaran, keterampilan manajerial kepala sekolah, kompensasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Ambon / Agustinus Lekipiouw - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pelaksanaan supervisi pengajaran, keterampilan manajerial kepala sekolah, kompensasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Ambon / Agustinus Lekipiouw

Lekipiouw, Agustinus (2010) Hubungan pelaksanaan supervisi pengajaran, keterampilan manajerial kepala sekolah, kompensasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Ambon / Agustinus Lekipiouw. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lekipiouw Agustinus. 2009. Hubungan Pelaksanaan Supervisi Pengajaran Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Kompensasi Kerja dengan Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Ambon. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. Dr. Salladien. Kata Kunci Supervisi pengajaran keterampilan manajerial kompensasi kerja dan kinerja guru. Kajian mengenai kualitas pendidikan di Indonesia saat ini tetap menjadi wacana yang menarik perhatian dari berbagai kalangan tidak hanya pada kalangan pendidik dan profesional lainnya tetapi juga bagi masyarakat yang menginginkan munculnya perubahan dalam hal usaha meningkatkan kualitas pendidikan. Fakta saat ini menunjukkan bahwa kualitas output pendidikan kita masih rendah. Mayoritas dari lulusan kita temyata justru malah menambah jumlah pengangguran.sehingga menimbulkan kesan bahwa pendidikan tidak mengatasi masalah tetapi justru menambah masalah. Konsep ini didukung dengan adanya fakta hasil Survey dari Human Development Inde yang menyatakan bahwa dari 106 negara yang disurvey kualitas pendidikan Indonesia berada pada nomor 102 satu tingkat dibawah Vietnam. Mengamati kondisi di atas pendidikan kita mengemban tugas yang cukup berat dalam mengatasi masalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia hanya dapat ditingkatkan melalui pendidikan dan hanya pendidikan yang dikelola dengan profesionallah yang akan dapat menghasilkan output yang berkualitas. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dalam beberapa aspek seperti kebijakan manajemen sarana prasarana dan sumber daya pengelola pendidikan. Guru sebagai sumber daya kunci pelaksanaan pendidikan memegang peranan penting dan menentukan. Sukses tidaknya pelaksanaan pendidikan ditingkat lembaga terutama tergantung pada guru. Oleh karenanya kinerja guru harus mendapat perhatian serius dan selalu ditingkatkan. Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian diskriptif korelasional. Dilaksanakan di SMP Negeri di Kota Ambon sejumlah 22 lembaga dengan populasi 950 orang dan jumlah sampel 274 orang. Sampel diambil dengan random proporsional. Penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi pengajaran dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Ambon (2) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Ambon (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kompensasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kota Ambon. Berdasarkan hasil penelitian tersebut beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan kinerja guru adalah sebagai berikut (1) Kepala sekolah hendaknya terus meningkatkan kualitas dan intensitas pelaksanaan supervisi pengajaran. Sebagaimana telah dikemukakan dari hasil empiris penelitian tersebut diatas peranan supervisi pengajaran temyata begitu penting untuk meningkatkan kinerja guru. Selanjutnya meningkatkan keterampilan manajerial yang memadai meliputi keterampilan konseptual keterampilan hubungan manusia keterampilan teknik pada sisi lain pemberian kompensasi yang adil dan merata (2) Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon agar selalu berupaya untuk meningkatkan pelaksanaan supervisi pengajaran kepada sekolah meningkatkan kinerja guru misalnya memberikan berbagai pembinaan pelatihan dan penataran kepada pengawas pendidikan kepala sekolah maupun guru-guru (3) Para supervisor pendidikan perlu memperhatikan tingkat kinerja guru di sekolah-sekolah binaannya dalam rangkah pengembangan dan membantu meningkatkan faktor-faktor yang memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru (4) Bagi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi kontribusi pada pelaksanaan diklat untuk mempersiapkan perangkat peningkatan mutu guru di daerah (5) Guru kiranya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk lebih memperbaiki diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan sehingga terjadi peningkatan profesionalisme diri sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (6) Bagi pengembang teori diharapkan agar dapat mengkaji lebih mendalam teori-teori yang berkaitan dengan temuan penelitian ini (7) Peneliti lain diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang lebih luas yang mungkin saja mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57389

Actions (login required)

View Item View Item