Arifiatun (2010) Kontribusi supervisi pengawas sekolah, kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru terhadap kinerja profesional guru di SMA negeri Kabupaten Jember / Arifiatun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arifiatun. 2009. Kontribusi Supervisi Pengawas Sekolah Kinerja Profesional Kepala Sekolah dan Pengembangan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Profesional Guru di SMA Negeri Kabupaten Jember. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci supervisi pengawas sekolah kinerja profesional kepala sekolah pengembangan profesionalisme guru kinerja profesional guru. Penelitian ini dilakukan dengan dilandasi kenyataan bahwa masalah mutu guru masih sangat butuh perhatian karena mutu guru sangat mempengaruhi kinerja profesional mereka yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap kualitas pendidikan. Hal-hal yang berhubungan dengan kinerja guru antara lain adalah supervisi pengawas sekolah kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru. Melalui hal-hal tersebut di atas diharapkan kinerja profesional guru akan lebih meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana supervisi pengawas kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru di SMA Negeri Kabupaten Jember (2) mengetahui seberapa besar hubungan supervisi pengawas sekolah terhadap kinerja profesional guru di SMA Negeri Kabupaten Jember (3) mengetahui seberapa besar hubungan kinerja profesional kepala sekolah terhadap kinerja profesional guru di SMA Negeri Kabupaten Jember (4) mengetahui seberapa besar hubungan pengembangan profesionalisme guru terhadap kinerja profesional guru di SMA Negeri Kabupaten Jember dan (5) mengetahui manakah diantara variabel bebas supervisi pengawas kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru yang paling besar sumbangannya terhadap variabel terikat kinerja profesional guru. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelasional yang mendeskripsikan tentang hubungan supervisi pengawas sekolah kinerja profesional kepala sekolah dan pengembangan profesionalisme guru dengan kinerja profesional guru Teknik pengumpulan data menggunakan responden 222 guru sebagai sumber data. Teknik penentuan responden menggunakan teknik proporsional random sampling.Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) supervisi pengawas berlangsung baik (45 5 %) (2) kinerja profesional kepala sekolah berlangsung baik (56 3 %) (3) pengembangan profesionalisme guru berlangsung baik sekali ( 45 5 %) (4) kinerja guru berlangsung baik (55 3 %) (5) berdasarkan uji linieritas diperoleh bahwa hubungan masimg-masing variabel adalah linier karena signifikansinya 0 05 dengan demikian variabel-variabel tesebut adalah normal (7) berdasarkan uji hipotesis maka (a) supervisi pengawas sekolah tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja profesional guru karena berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi supervisi pengawas 0 076 atau dari 0 05 (b) kinerja profesional kepala sekolah mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja profesional guru dibuktikan dengan hasil analisis yang menyatakan nilai signifikansi kinerja profesional kepala sekolah adalah 0 013 atau dari 0.05 (c) pengembangan profesional guru mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja profesional guru karena nilai signifikansi menunjukkan 0 006 atau 0 05 dan (8) besarnya sumbangan efektif masing-masing variabel terhadap variabel kinerja profesional guru adalah supervisi pengawas sekolah mempunyai sumbangan efektif 19 99 % kinerja profesional kepala sekolah mempunyai sumbangan efektif sebesar terbesar yaitu 36 61 % dan pengembangan profesionalisme guru mempunyai sumbangan efektif sebesar 30 07 % sehingga secara keseluruhan besarnya sumbangan efektif adalah 86 67% dengan demikian ada sumbangan efektif sebesar 13 33% berasal dari luar 3 variabel tesebut. Berdasarkan hasil penelitian beberapa saran untuk meningkatkan kinerja guru di Kabupaten Jember (1) bagi pengawas sekolah disarankan agar melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan pedoman yang ada sehingga dapat meningkatkan kinerjanya agar kinerja profesional guru juga lebih meningkat (2) bagi kepala sekolah disarankan agar meningkatkan kinerja profesionalnya agar kinerja profesional guru juga lebih meningkat (3) bagi guru disarankan agar selalu meningkatkan kinerja profesionalnya antara lain dengan memperoleh pembinaan dari kegiatan supervisi pengawas sekolah kinerja profesional kepala sekolah dan melakukan berbagai kegiatan pengembangan profesionalisme. (4)bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dengan adanya temuan-temuan dalam penelitian ini maka diharapkan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengadakan perbaikan dan pengembangan pendidikan yang lebih memadai terutama yang berkaitan dengan supervisi pengawas kinerja profesional kepala sekolah pengembangan profesionalisme guru dan kinerja profesional guru dan (5) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi tambahan dalam bidang ilmu manajemen pendidikan terutama yang berkaitan dengan supervisi pengawas sekolah kinerja profesional kepala sekolah pengembangan profesionalisme guru dan kinerja profesional guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57383 |
Actions (login required)
View Item |