Pengaruh model flipped classroom dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah kelas XI TKJ SMK PGRI Tanggul / Warid F. Faqih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model flipped classroom dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah kelas XI TKJ SMK PGRI Tanggul / Warid F. Faqih

Faqih, Warid F. (2017) Pengaruh model flipped classroom dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah kelas XI TKJ SMK PGRI Tanggul / Warid F. Faqih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faqih Warid Fadlillah. 2017. Pengaruh Model Flipped Classroom Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kelas XI TKJ SMK PGRI Tanggul. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Saida Ulfa M.Ed Ph. D Kata kunci Flipped Classroom Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Pembelajaran sejarah saat ini terkesan kurang menarik karena penyajiannya masih berpusat pada pembelajar tanpa melibatkan pebelajar secara langsung dalam proses pembelajaran dan kurang memfasilitasi pebelajar untuk berpikir kritis. Selain itu pembelajar kurang memperhatikan gaya belajar pebelajar sehingga proses dan hasil belajar masih kurang maksimal. Hal ini bertentangan dengan pembelajaran abad 21 yang menuntut pebelajar untuk berpikir kritis turut berperan aktif dalam proses pembelajaran dan berorientasi pada pencarian dan penemuan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah kegiatan yang mampu mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan penerapan model flipped classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan faktorial 2x2 versi pretest-posstest non equivalent control group design. Kelas eksperimen akan diajar dengan menggunakan model flipped classsroom sedangkan kelas kontrol menggunakan metode tradisional. Data yang didapatkan dari penelitian ini dianalisis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) yang terdiri dari uji Multivariate dan Test of Between Subjects Effects untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol baik dalam kemampuan berpikir kritis maupun hasil belajar. Gaya belajar tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap kemampuan berpikir kritis maupun hasil belajar. Tidak ada interaksi antara model flipped classroom dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pebelajar. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa model flipped classroom mampu mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pebelajar mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57262

Actions (login required)

View Item View Item