Firmansyah, Beny Hari (2017) Pengaruh Universal Design for Learning (UDL) berbasis Social Learning Networks (SLN) terhadap hasil belajar / Beny Hari Firmansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firmansyah Beny Hari. 2017. Pengaruh Universal Design for Learning (UDL) Berbasis Social Learning Networks (SLN) Terhadap Hasil Belajar. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd. (II) Saida Ulfa ST. M.Ed. Ph.D. Kata Kunci universal design for learning social learning networks hasil belajar Kegiatan pembelajaran yang ada sekarang ini umumnya menyajikan presentasi materi yang sama untuk setiap peserta didik karena menganggap bahwa karakteristik semua peserta didik adalah homogen. padahal dalam kenyataannya setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda dalam belajar serta kurangnya kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi di era big data seperti jejaring sosial yang penggunaannya semakin meluas. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi perbedaan peserta didik dalam belajar serta pemanfaatan jejaring sosial dalam proses pembelajaran guna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Universal Design for Learning (UDL) berbasis Social Learning Networks (SLN) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design dengan rancangan eksperimen pretest posttest control group design. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan perlakuan pembelajaran UDL berbasis SLN dan kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa sebanyak 45 orang di STKIP PGRI Situbondo yang mengambil mata kuliah Telaah Kurikulum. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.0 dengan teknik analisis data paired sample t test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen (78 00) yang diberi perlakuan pembelajaran UDL berbasis SLN dengan kelompok kontrol (71 50) yang tidak diberi perlakuan. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan normalized gain diperoleh gain untuk kelompok eksperimen (0 38) sedangkan kelompok kontrol (0 12). Selisih rata-rata nilai gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 0 38 0 12 0 26 dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran UDL berbasis SLN efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dalam pengujian hipotesis menggunakan t test didapatkan probabilitas (Sig. 2 tailed) adalah 0 023. Karena probabilitas 0 05 maka H0 diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menerapkan perlakuan UDL berbasis SLN dengan kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57254 |
Actions (login required)
View Item |