Pengembangan bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa kelas X di SMK-PP Negeri Kupang / Wahyu Hadi Trigutomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa kelas X di SMK-PP Negeri Kupang / Wahyu Hadi Trigutomo

Trigutomo, Wahyu Hadi (2017) Pengembangan bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa kelas X di SMK-PP Negeri Kupang / Wahyu Hadi Trigutomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan( PPKn) Untuk Kelas X Di SMK-PP Negeri Kupang ABSTRAK Problematika pembelajaran PPKn dewasa ini mengalami banyak tantangan terutama dengan adanya perubahan-perubahan kondisi masyarakat dalam berbagai aspek. PPKn sampai saat ini dinilai belum mampu menjawab tantangan perubahan tersebut yang di sebabkan oleh berbagai macam penyebab antara lain (1) Tantangan IPTEK dan Globalisasi (2) adanya paradigma reformasi yang belum tuntas (3) paradigma nation dan character building (membentuk karakter) bangsa Indonesia yang Pancasilais. Pendidikan Kewarganegaraan yang memiliki tujuan akhir yaitu untuk menumbuhkan sikap baik sebagai generasi muda yang berdasarkan norma dan nilai Pancasila diharapkan mampu membentuk kualitas kepribadian (desirable personal quality) bagi warga negara yang baik. PPKn merupakan rumpun pendidikan ilmu normatif untuk membentuk generasi muda yang mampu menempatkan diri dalam masyarakat serta menjunjung tinggi hak dan kewajiban sebagai penduduk dan warga negara. Teknologi Pembelajaran memiliki tujuan memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja/ kualitas pembelajaran. Wujud dalam memfasilitasi dan meningkatkan kualitas belajar siswa di SMK-PP Negeri Kupang dapat di tempuh dengan jalan penyediaaan sumber belajar seperti bahan ajar dan mengarahkan pada proses pembelajaran efektif efisien serta menarik. Peran Teknologi Pembelajaran salah satunya adalah menyediakan sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Fakta di SMK-PP Negeri Kupang menunjukkan belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi budaya lokal dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Siswa di SMK-PP Negeri Kupang dalam pembelajaran menggunakan strategi dan sarana yang belum maksimal seperti white board bahan ajar terbitan lama serta hanya mendengarkan penjelasan dari guru/ pembelajar. Jadi untuk membantu meningkatkan pembelajaran PPKn perlu mengembangkan paket pembelajaran dalam bentuk bahan ajar PPKn kelas X semester 1. Pengembangan sumber belajar berbentuk bahan ajar ini dikembangkan menggunakan konsep Dick Carey Carey (2009) yang terdiri dari sepuluh langkah yaitu 1) Menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran 2) Melakukan analisis tujuan umum pembelajaran 3) Menganalisis pebelajar dan sekitarnya 4) Menulis tujuan khusus 5) Mengembangkan Instrumen Penilaian 6) Mengembangkan strategi pembelajaran 7) Mengembangkan materi pembelajaran 8)Merancang dan melakukan evaluasi formatif 9) Merevisi Pembelajaran 10) Merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif Tahap selanjutnya penyusunan dan penulisan bahan ajar panduan siswa panduan guru.Tahap penyusunan bahan ajar panduan guru dan siswa perlu diperhatikan komponen dan aspek dalam menyusun paket pembelajaran. Modul bahan ajar memiliki komponen pembelajaran meliputi 1) judul bab dan konsep-konsep kunci 2) petunjuk 3) epitome 4) pendahuluan 5) tujuan pembelajaran umum 6) tujuan pembelajaran khusus 7) uraian materi 8) soal latihan 9) rangkuman materi 10) tes akhir bab. Panduan siswa meliputi petunjuk penggunaan bahan ajar petunjuk penggunaan media dan bahan lain yang diperlukan petunjuk pengerjaan soal latihan dan tugas. Panduan guru berisi petunjuk-petunjuk penggunaan bahan ajar bagi guru.Tahap terakhir mendesain dan melakukan evaluasi formatif meliputi tanggapan ahli isi ahli desain dan ahli media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Pada tahap ini dilakukan analisis dan revisi terhadap modul bahan ajar panduan siswa panduan guru. Kata kunci Pengembangan Bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57247

Actions (login required)

View Item View Item