Pengaruh pembelajaran online dan gaya kognitif terhadap kemenarikan pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Jasmani FIK UM / Rizki Al Yusra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran online dan gaya kognitif terhadap kemenarikan pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Jasmani FIK UM / Rizki Al Yusra

Yusra, Rizki Al (2017) Pengaruh pembelajaran online dan gaya kognitif terhadap kemenarikan pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Jasmani FIK UM / Rizki Al Yusra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusra Rizki Al 2017. Pengaruh Pembelajaran Online dan Gaya Kognitif terhadap Kemenarikan Pembelajaran Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa PJK FIK UM. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saida Ulfa ST M.Ed Ph.D (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Online gaya kognitif kemenarikan pembelajaran motivasi belajar hasil belajar Pembelajaran yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun bisa terjadi apabila pebelajar memiliki daya tarik terhadap pembelajaran itu sendiri. Daya tarik inilah yang menyebabkan pebelajar ingin mempelajari suatu bidang studi. Meskipun daya tarik belajar setiap individu berbeda-beda namun pendidik harus mampu untuk mensiasati agar suatu bidang studi mampu memberikan daya tarik bagi pebelajar. Melalui pembelajaran TEP PENJAS para mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani dan Olahraga akan dapat mempelajari bidang Teknologi Pembelajaran dan aplikasinya dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Berdasarkan pada hasil angket karakteristik mahasiswa didapatkan kesimpulan bahwa mayoritas pebelajar memiliki handphone android yang tergolong kedalam smartphone untuk mengakses berbagai hal seperti berita sosial media games dan sebagainya dengan waktu rata-rata 14 16 Jam setiap harinya. Kesemua hal tersebut membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sangat tertarik dalam menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemenarikan pembelajaran motivasi belajar dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Pendidikan Penjas antara kelompok mahasiswa yang memanfaatkan pembelajaran online dengan model face to face drive dengan kelompok mahasiswa yang memanfaatkan pembelajaran online dengan model online drive (2) Untuk mengetahui kemenarikan pembelajaran motivasi belajar dan hasil belajar pada mata kuliah Teknologi Pendidikan Penjas antara kelompok mahasiswa yang memiliki orientasi gaya kognitif field dependent (FD) dengan kelompok mahasiswa yang berorientasi gaya kognitif field independent (FI) (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan orientasi gaya kognitif terhadap kemenarikan pembelajaran motivasi belajar dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi dengan desain faktorial 2 x 2 dengan subyek penelitian mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Jasmani FIK UM angkatan 2014 yang mengikuti mata kuliah Teknologi Pembelajaran Penjas Kelas A dan D. Adapun data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk deskripsi motivasi belajar kemenarikan pembelajaran dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Analis inferensial menggunakan Mankova diperlukan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedan yang signifikan antara media pembelajaran terhadap kemenarikan pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa. Sementara pada variabel motivasi belajar tidak terdapat perbedaan yang signifikan (2) Pada variabel gaya kognitif ditemukan terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel kemenarikan pembelajaran dan motivasi belajar. Namun pada hasil belajar mahasiswa tidak terdapat erbedaan yang signifikan. Ini terjadi pada kondisi gaya kognitif mahasiswa field dependent maupun field independent (3) Pengujian interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemenarikan pembelajaran motivasi belajar dan hasil belajar menemukan interaksi terdapat pada variabel motivasi belajar sementara untuk kemenarikan pembelajaran dan hasil belajar tidak ditemukan interaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57245

Actions (login required)

View Item View Item