Pengaruh flipped mastery classroom terhadap perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa / Muhammad Ridha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh flipped mastery classroom terhadap perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa / Muhammad Ridha

Ridha, Muhammad (2016) Pengaruh flipped mastery classroom terhadap perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa / Muhammad Ridha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ridha Muhammad. Pengaruh Flipped Mastery Classroom TerhadapPerolehanHasilBelajarKognitifMahasiswa. Tesis. ProgramStudi Magister TeknologiPembelajaran. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. PunajiSetyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. H. DediKuswandi M.Pd Kata Kunci BelajarKognitif Flipped MasteryClassroom StrategiPembelajaran Strategipembelajaranmerupakankomponen yang sangatpentingdalampembelajaranterutamadalammenentukanperolehanhasilbelajarkognitif. Strategipembelajaranmerupakansuatucaratertentu yang digunakanuntukmencapaitujuanpembelajarantertentuyang telahditentukan. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitaspenerapanstrategiflipped-mastery terhadapperolehanhasilbelajarkognitifmahasiswapadamatakuliahpsikologipendidikan yang dibandingkandenganstrategitradisional. PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianeksperimensemu (Quasi Experiment) Non Equivalent Control Group Design. Rancanganpenelitianinijugamenggunakankelompokutuh(Intact Group). SubjekdalampenelitianiniadalahmahasiswaJurusanTeknologipendidikanUniversitasNegeri Malang semester genaptahunajaran 2015/2016 yaitukelas B sebagaikelaseksperimendankelas C sebagaikelaskontrol.Metodepengumpulan data meliputimetodetesdandokumentasi. Analisis data yang digunakanmeliputiujinormalitas data denganmenggunakanuji statistic Kolmogorov-Smirnov ujihomogenitas data denganmenggunakanujiLevene-Test danuji-t. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakoefisien rata-rata masing-masingkelompokeksperimendankontrolsetelahdansebelumdiberikanperlakuanberbedasecarasignifikanpadaprobabilitas 0.05 yaitu 1) perbedaan rata-rata kelompokeksperimensebesar 37.828 denganbesarnyakoefisienP-Value sebesar (0.000 0.05) 2) perbedaan rata-rata untukkelompokkontrolsebesar 8.565 denganbesarnyakoefisienP-Value sebesar (0.003 0.05). Perbedaan rata-rata antarakelompokeksperimendankelompokkontroladalahsignifikanpadatarafsignifikansi 0.05 denganbesar mean yaitu 29.261. Dengan kata lain bermaknabahwahasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanstrategiflipped mastery classroommemberikanpengaruhpositifterhadapperolehanhasilbelajarkognitifmahasiswa. Perolehanhasilbelajarkognitifmahasiswa yang dibelajarkandenganmenggunakanstrategistrategiflipped mastery classroomlebihtinggisecarasignifikandaripadaperolehan rata-rata hasilbelajarmahasiswa yang dibelajarkandenganmenggunakanstrategitradisionalsehinggadapatdisimpulkanbahwastrategiflipped mastery classroomlebihefektifdaripadastrategitradisionalpadapembelajaranranahkognitifmatakuliahpsikologipendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57242

Actions (login required)

View Item View Item