Adwiah, Rabiatun (2016) Pengembangan e-module IPS dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo / Rabiatun Adwiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adwiah Rabiatun 2016. Pengembangan E-module IPS dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed (II) Dr. Sulton M.Pd Kata kunci Pengembangan E-module IPS Terpadu kontekstual Pemanfaatansumberbelajarmenjadisalahsatukuncidariberkembangnyakegiatanpembelajaran di suatusekolah.Padaumumnya sekolahhanyamemanfaatkan guru sebagaisumberbelajarutama.Apabila sumber belajar dipilih secara benar dan tepat akan mempermudah dan memperkaya pengetahuan siswa. Berdasarkanstudipendahuluan di SMPK Mater Dei Probolinggountuk pembelajaran IPS masih menggunakan buku teks yang berasal dari berbagai penerbityang masih belum mengacu pada IPS terpadu masih terpisah dalam bidang studi geografi sejarah ekonomi dan sosiologi. Hal ini menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam membelajarkan IPS secara terpadu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran masih berlangsung secara konvensional dan guru belum memaksimalkan pemanfaatan media elektronik yang telah tersedia disekolah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa e-module IPS terpadu dengan pendekatan kontekstual untuksiswa kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo yang layak digunakan (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo menggunakan e-moduel IPS terpadu dengan pendekatan kontekstual. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee Owens. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang didapat dari angket dan hasil belajar. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh hasil (87 5%) ahli materi (84 45%) uji coba siswa (88 86%) dan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebesar(83 78%). Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-module yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan oleh siswa untuk belajar mandiri. E-module yang dikembangkan lebih kepada meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif saja untuk pengembangan lebih lanjut perlu ditambahkan lagi ranah psikomotorik dan afektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57237 |
Actions (login required)
View Item |