Takarini, Christiana (2016) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran IPA semester II kelas VII SMP / Christiana Takarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Takarini Christiana. 2016. Pengembangan Multimedia InteraktifPembelajaran IPA Kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo. Tesis Program StudiTeknologiPembelajaran. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Efendi M. Pd. M. Kes. (II) Dr. Sihkabuden M. Pd. Kata Kunci pengembangan media multimedia pembelajaran IPA Ilmupengetahuandanteknologiberkembangbegitucepat. Saatinimanusiamemasuki era digiteldenganarusinformasi yang cepatdanmengglobal.Sebagianbesarmasyarakatmenggunakansistemdigiteldalamkehidupansehari-hari. EfekperkembanganIlmupengetahuandanteknologitersebutmempengaruhisemuabidangkehidupanmanusiatermasukduniapendidikan. Multimedia interaktifmerupakanalat bantu bagisiswadalammemahamimateripembelajarandanmemungkinkan guru menjadifasilitatorpembelajaransesuaidenganperkembangankebutuhananakmudajamansekarang. Melalui multimedia interaktifseorangsiswaakanlebihmudahmemahamimateri karenadalam multimedia terdapatteks gambar audio videodandilengkapidengankuisdimanasiswabisamengukurkemampuankognitifnyadalambelajar. Siswabisaberinteraksidenganmedia yang disediakanoleh gurudanbisamenghindarikesalahankonsepdalambelajar. Adapun yang menjaditujuanpengembanganiniadalahMenghasilkanproduk multimedia interaktifpembelajaranBiologiKelas VII di SMP pada semester 2. Penelitiandanpengembanganinimenggunakanmodel Lee Owens.Instrument yang digunakandalammengumpulkan data yaituobservasi angket wawancaradanhasilbelajarsiswa. Subjekujicobapadapenelitianiniadalahahli media ahlimateri guru sertasiswakelas VII SMPK Mater Dei Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 93 4% ahli materi sebesar 90 4% dengan kriteria sangat valid. Dari hasilujicobadapatdiperolehkeefektifandarihasilteskognitifmencapai 78 3% dengankriteriacukup reratakelasmencapai 80 3 % dengankriteriabaikdankemenarikanmencapai 83 7% dengankriteriamenarik. Ini menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan didalam kelas.Keunggulan dari multimedia interaktif dilengkapi dengan kuis dimana siswa bisa mengukur kemampuannya dalam memahami materi pembelajarandansiswabisabelajarsecaramandiridenganmenggunakan multimedia interaktifsertabahasa yang digunakankomunikatif. Kelemahan produk multimedia interaktif inipadakuis multimedia tidakdiberifeed backsehinggabagianak-anak yang tidakmencapaiketuntasansulitdieksplor. Harapanbagipenelitilainsupayakuisdiberifeed back. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57236 |
Actions (login required)
View Item |