Ardiansyah, Arief (2015) Pengembangan perangkat tutorial merancang multimedia pembelajaran interaktif untuk guru di SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang / Arief Ardiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardiansyah Arief. Pengembangan Perangkat Tutorial Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru Di SMP Negeri 1 Kecamatan DAU Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci pengembangan perangkat tutorial merancang multimedia pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan di SMP Negeri 1 DAU Kabupaten Malang diketahui bahwa pembelajaran masih teks book dan mengandalkan metode ceramah untuk menjelaskan isi materi pembelajaran sehingga pembelajaran dirasa kurang efektif untuk tipe isi bidang studi tertentu (misalnya prosedural). Pesatnya perkembang teknologi komputer seharusnya para guru mampu merancang suatu media pembelajaran berbasis komputer misalnya merancang multimedia pembelajaran interaktif (MPI). Namun pada kenyataannya para guru tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukannya. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru diperoleh penyebab utamanya yaitu tidak adanya media tutorial yang secara khusus dirancang untuk melatih guru dalam merancang MPI. Tutorial yang ada tidak dapat mengakomodasi karaktersitik pengguna dan tidak memperhatikan strategi pembelajaran yang ada. Oleh karenanya perlu kiranya peneliti mengembangkan perangkat tutorial yang dirancang khusus untuk guru di sekolah tersebut dengan tetap memperhatikan strategi pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan perangkat tutorial ini adalah model pengembangan Lee Owens (2004). Model pengembangan Lee Owens adalah model pengembangan yang sistematik yang terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi tahap (1) Analisis Kebutuhan (2) Analisis menyeluruh (3) Perancangan (4) Pengembangan (5) Penerapan dan (6) Evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini terdiri dari dua produk yaitu (1) program tutorial berbentuk file digital yang dikemas dalam kepingan CD (Compact Disc) (2) buku panduan penggunaan. Perangkat tutorial ini telah diuji kevalidannya melalui beberapa uji coba antara lain (1) Uji coba ahli media diperoleh tingkat presentase sebesar 82 5% (2) Uji coba ahli materi diperoleh tingkat presentase sebesar 75% (3) Uji coba ahli desain diperoleh tingkat presentase sebesar 94% (4) Uji coba perorangan diperoleh tingkat presentase sebesar 82% (5) Uji coba kelompok kecil diperoleh tingkat presentase sebesar 87 5 dan (6) Uji coba kelompok besar diperoleh tingkat presentase sebesar 85%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangakan telah layak digunakan sebagai sumber belajar. Saran diseminasi pada pengembangan ini hendaknya para guru termotivasi untuk mampu merancang MPI dan menerapkannya dalam pembelajaran. Jika perangkat tutorial ini akan digunakan oleh instansi lain diperlukan penyesuaian lagi dengan lingkungan yang baru. Perangkat tutorial ini hanya membahas materi dasar merancang MPI untuk meningkatkan ketrampilan merancang MPI lebih lanjut maka para guru dapat mengembangkannya lagi dengan mencari sumber-sumber lain seperti tutorial yang ada di internet ataupun tutorial dalam bentuk buku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57224 |
Actions (login required)
View Item |