Mubaroq, Syahrul (2015) Pengembangan bahan ajar grammar one berbasis mobile learning di lembaga kursus Global English Pare - Kediri / Syahrul Mubaroq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mubaroq Syahrul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Grammar One Berbasis Mobile Learning di Lembaga Kursus Global English Pare Kediri. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (2) Dr. Sulton M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar grammar mobile learning. Pengembangan ini berdasarkan permasalahan tentang belum adanya bahan ajar dalam program belajar Grammar One di lembaga kursus bahasa Inggris Global English di Pare-Kediri. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar Grammar One berbasis mobile learning yang dapat digunakan sebagai pelengkap pembelajaran di kelas maupun sebagai sumber belajar secara individu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee Owens dengan menggunakan tiga tahapan yaitu (1) analisis (2) desain dan (3)pengembangan. Hasil uji validasi dan uji coba produk pengembangan bahan ajar Grammar One berbasis mobile learning adalah (1) hasil validasi ahli isi diperoleh persentase sebesar 95% (2) hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 96% (3) hasil validasi ahli desain diperoleh persentase sebesar 98% (4)hasil uji coba perorangan diperoleh rata-rata persentase 82 6% (5) hasil uji coba kelompok kecil didapat rata-rata persentase 85% dan (6) hasil uji coba lapangan didapat rata-rata persentase 85%. Dari hasil analisis data tersebut dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan dan diperoleh hasil bahwa produk pengembangan bahan ajar Grammar One berbasis mobile learning termasuk dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) pemanfaatan produk pengembangan bahan ajar Grammar One ini dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai pelengkap pembelajaran di kelas maupun dapat dijadikan sumber belajar secara mandiri. Jika produk Grammar One digunakan sebagai pelengkap pembelajaran di kelas maka produk diprogramkan untuk menjadi materi penguatan yang bersifat pengayaan dan remedial di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional. Dan jika produk dimanfaatkan untuk pembelajaran secara individual maka sebaiknya bagi para pengguna diharapkan untuk mengasah pengetahuannya dengan latihan setelah mempelajari materi yang terdapat dalam Grammar One diharapkan untuk mengaplikasikannya dalam bentuk writing maupun speaking dan diskusikan dengan teman sejawat maupun tenaga pengajar. (2)Diseminasi Produk pengembangan bahan ajar Grammar One berbasis mobile learning ini dikembangkan berdasarkan materi program belajar Grammar One yang terdapat di lembaga kursus bahasa Inggris Global English Pare-Kediri. Produk pengembangan ini dirancang sesuai dengan analisis kebutuhan karakteristik pengguna serta kondisi lingkungan belajar di Global English. (3)Pengembangan produk lebih lanjut adalah penggunaaan scroll atau swipe untuk mengakses ke halaman selanjutnya atau sebelumnya dan diperlukannya materi lanjutan dari Grammar One.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57218 |
Actions (login required)
View Item |