Prigianata, Muhammad Malik (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis cross platform mata pelajaran IPA kelas VIII semester II di SMP Negeri 3 Malang / Muhammad Malik Prigianata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prigianata Muhammad Malik. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cross Platform Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 3 Malang. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasajarna Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M. Pd (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M. Ed M. Pd Kata Kunci Pengembangan Mutimedia Cross Platform Motivasi Hasil Belajar Kognitif Dekstop Mobile Proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 3Malang masih didominasi oleh guru dimana siswa kurang memahami pelajaran dengan teknik ceramah dan belajar dari buku.Kondisi demikian sangat berdampak pada hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa meskipun sarana telah mendukung untuk inovasi dalam teknologi pembelajaran. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitaspenggunaan media dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pengembanganmultimedia pembelajaran berbasis Cross Platform (Dekstop dan mobile). Tujuan yang lain yaitu untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan multimedia pembelajaran. Jenis penelitian adalah pengembangan mutimedia pembelajaran dengan model Lee Owen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Malang semester genap tahun ajaran 2014/2015.Langkah-langkah prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi (1) Assessment/Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi.Jenis data yang dihasilkan berbentuk data kualitatif dan kuantitatif.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaranini adalah berupa angket tertutup wawancara dan tes. Hasil pengembangan produk yaitu multimedia interaktif mata pelajaran IPA Kelas VIII yang berisi tentang Indera Pendengaran dan Sistem Sonar Makhluk Hidup. Media yang dikembangkan dirancang sebagai media pembelajaran offline dan dapat diperbanyak dalam bentuk CD yang di dalamnya terdapat aplikasi untuk desktop dan mobile. Perolehan hasil review validasi ahli meliputi 1) ahli materi pada aplikasi dekstop 93 3% dan mobile94 6% 2) ahli desain pada aplikasi dekstop 85 3% dan mobile88% 3) ahli media pada aplikasi dekstop 97 3% dan mobile97 3%. Keseluruhannyamenunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan siswa meliputi 1) perorangan aplikasi dekstop 84 6% mobile 83 3% 2) kelompok kecil pada aplikasi dekstop 84 4% mobile 83 5% dan 3) kelompok besar pada dekstop 85% padamobile85 5%. Keseluruhan review hasil tanggapan siswamenunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan motivasi siswa meliputi 1)perorangan aplikasi dekstop 86 6% mobile 87 3% 2) kelompok kecil pada aplikasi dekstop 83 1% mobile 83 6% dan 3) kelompok besar pada dekstop 84 7% pada mobile85 3%. Keseluruhanmenunjukkan multimedia ini sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil uji coba lapangan pada siswa memilki rata-rata hasil belajar 87 35 dengan persentase kelulusan 100% yang menunjukkan sangat efektif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57217 |
Actions (login required)
View Item |