Pengembanagan multimedia pembelajaran interaktif tema 8 subtema 1 komponen ekosistem kelas V semester II di SDN Kesatrian 2 Malang / Armedo Futhi Munadzar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembanagan multimedia pembelajaran interaktif tema 8 subtema 1 komponen ekosistem kelas V semester II di SDN Kesatrian 2 Malang / Armedo Futhi Munadzar

Munadzar, Armedo Futhi (2015) Pengembanagan multimedia pembelajaran interaktif tema 8 subtema 1 komponen ekosistem kelas V semester II di SDN Kesatrian 2 Malang / Armedo Futhi Munadzar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Futhi Munadzar Armedo. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tema 8 Subtema 1 Komponen Ekosistem Kelas V Semester II Di SDN Kesatrian 2 Malang. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed. (2) Saidah Ulfa ST M.Edu Ph.D. Kata kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Komponen Ekosistem Pemilihan multimedia sebagai media penyampaian materi karena menggabungkan beberapa unsur yaitu teks grafis gambar foto audio video dan animasi. Diharapkan dengan media ini dapat merangsang indera para siswa merangsang rasa ingin tahu dari para siswa dan siswa dapat secara langsung aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Multimedia yang dikembangkan adalah menjadikan bagan mind map menjadi button menu dalam multimedia pembelajaran interaktif. Untuk menutupi kekurangan dari Mind Map yaitu Jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan maka mind map dijadikan menu multimedia. Multimedia yang dibuat disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas V yang masuk dalam fase operasional kongkrit dimana siswa sudah memiliki kecakapan berpikir logis tetapi hanya melalui benda-benda konkret Berdasarkan observasi dalam pembelajaran materi tema 8 subtema 1 Komponen Ekosistem kelas V semster II yaitu kegiatan pembelajaran guru lebih banyak menggunakan media buku yang diberikan oleh Dinas Pendidikan. Dengan pembelajaran yang hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar hal ini dirasa kurang efektif. karena tingkat kognitif siswa kelas V sangat membutuhkan dukungan penggambaran suatu proses atau benda yang kongkrit. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif pokok bahasan tema 8 subtema 1 komponen ekosistem kelas V semester II untuk mengetahui tingkat keefektifan multimedia pembelajaran yang dibuat serta untuk mengetahui tingkat kevalidan produk dari segi sistem aplikasi desain dan konten menurut ahli materi dan ahli media. Hasil analisis data ahli desain diperoleh hasil rata-rata persentase 77 33 % layak digunakan. Hasil analisis data ahli media diperoleh hasil rata-rata persentase 96% layak digunakan. Hasil analisis data ahli materi diperoleh hasil rata-rata persentase 84 % layak digunakan. Hasil analisis data perorangan diperoleh hasil rata-rata persentase 92 % layak digunakan. Hasil analisis data kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata persentase 87 99 % layak digunakan. Hasil analisis data uji lapangan diperoleh hasil rata-rata persentase 81 63 layak digunakan. jumlah siswa yang memenuhi SKM mencapai tingkat prosentase 94 44% maka produk tersebut dikatakan efektif. Pengembang menyarankan Multimedia ini hendaknya dikembangkan lebih baik sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi. Mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan materi dan pemilihan software yang digunakan. Akan lebih baik lagi jika pengembangan selanjutnya tidak hanya satu mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57216

Actions (login required)

View Item View Item