Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan sosial di SMP Plus Fityani Pujon Malang / Fidian Dini Arinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan sosial di SMP Plus Fityani Pujon Malang / Fidian Dini Arinda

Arinda, Fidian Dini (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan sosial di SMP Plus Fityani Pujon Malang / Fidian Dini Arinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arinda Dini Fidian 2015.Pengembangan Multimedia PembelajaranInteraktif IlmuPengetahuanSosialDi SMP PlusFityaniPujon Malang.Tesis jurusanTeknologiPembelajaran Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1). Dr. DediKuswandi M. Pd. Pembimbing (2)Prof. Dr. H. PunajiSetyosari M. Pd. M. Ed Kata Kunci Pengembangan Multimedia PembelajaranInteraktif IPS Karakteristikdarimatapelajaran IPS kelas VII semester 2 terdiridariberbagaimacammateri yang sifatnyamasihabstrakmenuntutsiswakhususnya di SMP Plus Fityaniuntukmengenallingkungannyasehinggamemerlukanvisualisasidalammemahamimaterinya. Sebelumnya guru IPS disekolahtersebuthanyamenggunakanbukupaket atlas dan globe makavisualisasitidakdapatditampilkan sehinggasiswamengalamikesulitanbelajar.Dengantidakadanyavisualisasidalammempelajarimateri IPS makasiswajugaakankesulitanuntukmenjelaskanbagaimana proses ituberlangsungdankonsep-konseptersebut. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanproduk media pembelajaraninteraktifberdasarkanstudikelayakandariahlimateri ahlidesainpembelajarandanahli media untuksehinggabisadimanfaatkansebagaisumberbelajar. Prosedurpengembangan yang digunakandalampenelitianiniadalahdenganmenggunakan model model William W. Lee dan Diana L. Owens. Dalam model William W. Lee dan Diana L. Owens adabeberapatahapyaitutahapanalisisdanpenilaian (yang terdapat 10 analisis yang harusdilakukan) tahapdesain tahappengembangandanimplementasi dantahapevaluasi. Produkinitelahdivalidasikeahlimateri ahli media ahlidesainpembelajarandandiujike 21 siswa SMP Plus Fityani. Dari validasidanhasilujicobamenyimpulkanbahwapengembanganpembelajaran yang dikembangkanadalah valid sehinggabisadigunakan. Hal inidibuktikandenganvaliditasisi 93% validitas media 95% validitasdesaininstruksional 85 33% hasilteskepadasiswasebagaiindividu 87 5% sekelompokkecilhasil 85% danlapanganhasil 82% Saran pengembang a) kepadasekolahdiharapkanmenjadimasukanmenambah media lainnyasehinggadapatmembantupembelajaran b) Guru dalampemanfaatan media initerlebihdahulu guru harusmemahamibetulpetunjukpemanfaatan media dancarapengoperasiannya c) Siswaharusmencermatisetiappenjelasan yang diberikanoleh guru d) Pengembangselanjutnyahendaklebihselektifdalampemilihankomposisigambar deain background susunantombolnavigasidankarakteristiktulisan (teks).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57215

Actions (login required)

View Item View Item