Hakim, Mukhammad Luqman (2015) Penerapan perpaduan model pembelajaran jigsaw II dengan game puzzle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial mata pelajaran IPA kelas VIII-F SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Malang / Mukhammad Luqman Hakim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hakim Mukhammad Luqman. 2015. Penerapan Perpaduan Model Pembelajaraan Jigsaw II Dengan Game Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Sosial Mata Pelajaran IPA Kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Malang . Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Jigsaw II Game puzzle hasil belajar kognitif keterampilan sosial. Pola pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jabung masih cenderung didominasi oleh guru dimana siswa kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan belum bisa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada perolehan hasil belajar yang kurang dari kriteria kesuksesan minimal (KKM). Solusi pemecahan masalah tersebut perlu diterapkan suatu pembelajaranyang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah yaitu dengan metode pembelajran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang dipilih adalah model Jigsaw II dengan dipadukan menggunakan game puzzle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial mata pelajaran IPA kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Malang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dipadukan dengan game puzzle. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas(PTK).Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Jabung semester ganjil tahun ajaran 2014/2015.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan melalui tahapan yaitu 1) mereduksi data 2) menyajikan data dan 3) menarik kesimpulan Hasil penelitian adalah nilai rata-rata masing-masing siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 73 82 dan pada siklus II mencapai 78 67. Nilai rata-rata keterampilan sosial siswa pada siklus I yaitu 69% dan pada siklus II sebesar 81%. Dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsai II dengan game puzzle dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Jabung. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang diajukan yaitu (1) pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif (2) peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting yaitu untuk mengendalikan kelas agar tetap kodusif serta melakukan pembagian kelompok asal sesuai dengan tingkat kesulitan materi dengan tingkat kognitif siswa (3) media game puzzle sebaiknya menggunakan potongan gambar yang sesuai dengan materi dan pertanyaan yang ada di dalam puzzle juga seputar materi yang akan dibahas (4) penggunaan media puzzle sebaiknya diterapkan pada saat pembentukan kelompok asal yang bertujuan untuk melatih kerja sama siswa (5)guru harus mampu memberikan atau memfasilitasi siswa dengan berbagai sumber belajar untuk menunjang siswa dalam memperkaya materi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57206 |
Actions (login required)
View Item |