Norlina, Hariani (2015) Pengembangan bahan ajar bahasa Inggris berbasis multimedia interaktif untuk SMA kelas X Pulau Laut Timur di Kotabaru Kalimantan Selatan / Hariani Norlina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Norlina Hariani. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Kelas X Pulau Laut Timur Di Kotabaru Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Pendidikan Teknologi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Punandji Setyosari M.Ed (II) Saida Ulfa S. T M. Edu Ph. D. Kata kunci pengembangan multimedia interaktif paket pembelajaran Bahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi media pembelajaran yang terus meningkat mendorong terciptanya pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang menggabungkan berbagai elemen media seperti video suara animasi teks dan gambar yang dikemas dalam satu wadah yang bersifat interaktif kreatif dan menyenangkan. Penerapan dengan model Dick Carey dalam pembelajaran. Komponen sekaligus langkah-langkah utama dari model desain Sistem pembelajarannya terdiri dari (1) mengidentifikasi tujuan Pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran dan keterampilan bawahan (3) menganalisis karakteristik siswa dan situasi pembelajaran (4) Merumuskan tujuan khusus (5) Mengembangkan instrumen penilaian (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran. merevisi bahan pembelajaran. merevisi bahan pembelajaran. Langkah ke 10 ditiadakan karena tidak melibatkan perancang program melainkan penilaian independen dan keterbatasan waktu penelitian. 12288 12288 12288 12288 Melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif diharapkan dapat mempermudah proses belajar siswa. Hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur di Kotabaru Kalimantan Selatan. ketika pembelajaran Bahasa Inggris yang berlangsung diketahui bahwa pembelajaran dilakukan secara konvensional dengan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif. Kondisi siswa yang kurang aktif dapat dilihat ketika siswa jarang untuk bertanya mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Berdasarkan masalah yang timbul maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk membuat bahan ajar sesuai dengan kateristik siswa yaitu mengembangkan multimedia interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris materi greet dan introduction dengan grammar simple present tense 12288 12288 12288 12288 Setelah produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji coba validasi ahli uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut bahan ajar Bahasa Inggris berbasis multimedia interaktif mencapai kriteria valid menarik efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi materi (83%) uji validasi media (86 %) dengan kriteria sangat valid. Tingkat kemenarikan produk diperoleh rata-rata presentase sebesar 81 46% dengan kriteria menarik keefektifan produk diperoleh dengan presentase sebesar 74 83 berdasarkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari kajian produk yang telah direvisi maka pembelajaran multimedia interaktif untuk pelajaran bahasa Inggris dapat digunakan untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pulau laut Timur Kotabaru Kalimantan Selatan. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris maka perlu dperhatikan saran pemanfaatan diseminasi dan pengembangan produk lebih lanjut. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57205 |
Actions (login required)
View Item |