Pengembangan paket bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Donomulyo / Timbul Irianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Donomulyo / Timbul Irianto

Irianto, Timbul (2015) Pengembangan paket bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Donomulyo / Timbul Irianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Bahasa Inggris adalah termasuk salah satu mata pelajaran yang terdapat pada Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan( KTSP ). Komppetensi yang terdapat dalam mata pelajaran tersebut merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai pebelajar sebagai landasan untuk mempelajari kompetensi yang ada dalam kelas berikutnya. 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang dihadapi oleh pembelajar dan pebelajar adalah sulitnya memperoleh bahan pembelajaran yang memenuhi kelayakan. Untuk mengatasi permasalahan ini dirasakan perlu adanya pengembangan paket bahan pembelajaran yang memenuhi kelayakan. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan paket bahan pembelajaran yang memenuhi kelayakan. Pengembangan ini telah menghasilkan paket bahan pembelajaran yang memenuhi kelayakan. 12288 12288 12288 12288 Model Dick Carey Carey (2001) adalah model yang di pilih untuk mengembangkan produk paket bahan pembelajaran. Model ini terdiri atas sepuluh langkah. Akan tetapi dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu 1) mengidentifikasi kebutuhan guna menentukan tujuan umum pembelajaran 2) melakukan analisis pembelajaran 3) menganalisis pebelajar dan konteks 4) menuliskan tujuan khusus pembelajaran 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif pembelajaran 9) merevisi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Produk pengembangan yang dihasilkan berupa buku bahan pembelajaran buku panduan pembelajar buku panduan pebelajar. Hasil pengembangan berupa draf paket pembelajaran yang diujicobakan melalui beberapa tahapan yaitu (1) tinjauan ahli isi mata pelajaran 2) tinjauan ahli desain pemebelajaran 3) tinjauan ahli media pembelajaran (2) uji coba perorangan (3) uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penilaian dari masing-masing tahapan digunakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki draf menuju draf berikutnya. Hasil penilaian yang diperoleh dari ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran serta uji coba adalah sebagai berikut 1) ahli isi mata pelajaran 85 41% 2) ahli desain pembelajaran 69 86% 3) ahli media pembelajaran 83 75% 4) uji coba perorangan 88 05 % 5) uji coba kelompok kecil 88 98% 6) dan uji coba lapangan 90 56%. Semua hasil penilaian dan uji coba menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan ini termasuk kategori layak. Artinya paket pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57201

Actions (login required)

View Item View Item