Pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan kemampuan pemahaman reproduksi seks pada siswa tunarungu SMPLB tahun 2013 / Elita Endah Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan kemampuan pemahaman reproduksi seks pada siswa tunarungu SMPLB tahun 2013 / Elita Endah Mawarni

Mawarni, Elita Endah (2014) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan kemampuan pemahaman reproduksi seks pada siswa tunarungu SMPLB tahun 2013 / Elita Endah Mawarni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Endah Elita.2014. Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Reproduksi Seks Pada Siswa Tunarungu SMPLB Tahun 2013. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II).Dr. Anselmus J.E.Toenlioe M.Pd. Kata kunci media gambar kemampuan pemahaman 12288 12288 12288 Media pembelajaran khususnya media gambar memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar terutama dalam menentukan kesuksesan proses belajar berupa tingkat pemahaman pada siswa tunarungu mengingat kondisinya yang mengedepankan penglihatan sebagai indera pertamanya. Masalah reproduksi seks merupakan masalah bagi semua kaum remaja baik pria maupun wanita. Akan tetapi masalah ini menjadi masalah yang lebih pelik bagi kaum tuna rungu terlebih perempuan. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang dapat mengantarkan pada pemahaman mereka tentang reproduksi seks salah satunya dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh media bergambar terhadap perolehan hasil belajar berupa kemampuan memahami reproduksi seks pada siswa tunarungu SMPLB 2) perbedaan kemampuan memahami reproduksi seks antara siswa tunarungu laki-laki dan perempuan. 12288 12288 12288 Penelitian menggunakan rancangan kuantitatif eksperimental semu (quasi experiment). Setelah melalui rangkaian kegiatan penelitian yaitu orientasi uji coba instrument pelaksanaan pre test maka barulah diadakan perlakuan. Perlakuan berlangsung 3 kali pertemuan efektif dengan alokasi waktu masing-masing 4 x 45 menit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I-III SMPLB Negeri Banyuwangi dan menetapkan dua kelompok subyek yang diteliti setelah memenuhi kriteria homogenitas. Jumlah awal subyek penelitian adalah 16 orang masing-masing 8 siswa namun selama proses pelaksanaan beberapa siswa tidak seluruhnya mengikuti proses pembelajaran Data dianalisis dengan menggunakan computer program SPSS 17.00 Compare Mean Sample Independent T test dan GLM univariate. 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh kelompok yang diajar dengan strategi media gambar (skor rerata 7 5) mencapai perolehan belajar lebih tinggi dari pada kelompok yang diajar dengan strategi tanpa media gambar (skor rerata 7.17) 2) Tidak terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman reproduksi seks siswa tunarungu laki-laki dan perempuan. 12288 12288 12288 Berdasar hasil penelitian dikemukakan beberapa saran-saran untuk pemanfaatan hasil penelitian yaitu pemanfaatan gambar yang digunakan sebagai strategi pembelajaran membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Saran untuk penelitian lanjutan yaitu diperlukan subyek penelitian yang lebih besar untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat serta lebih peka terhadap permasalahan dan pemecahan masalah yang dapat dilakukan dengan meneliti. Inovasi pembelajaran yang berupa metode-metode pembelajaran yang dipadukan dengan melihat variabel berdasarkan karakteristik pebelajar misalnya motivasi dan gaya belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57200

Actions (login required)

View Item View Item