Rahayu, Roro Ajeng Anindyo (2014) Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji dan umrah untuk siswa kelas VIII MTs Khadijah Malang / Roro Ajeng Anindyo Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahayu Roro Ajeng Anindyo. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Haji dan Umrah untuk Siswa Kelas VIII MTs khadijah malang. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulthoni M. Pd dan (2) Dr. Sihkabuden M.Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Haji dan Umrah 12288 12288 12288 12288 12288 Media dalam dunia pendidikan sangatlah penting karena media merupakan jembatan komunikasi antara pembelajar dengan pebelajar. Multimedia sebagai salah satu media pembelajaran yang dinilai sangat praktis dan ampuh untuk membantu proses penyampaian materi karena dalam satu media terdapat banyak aspek yang bisa dimunculkan. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan multimedia interaktif mata pelajaran fiqih pokok bahasan haji dan umrah untuk siswa kelas VIII MTs Khadijah dan menguji keefektifan multimedia pembelajaran ini. 12288 12288 12288 12288 12288 Metode pengembangan yang digunakan adalah model William W. Lee dan Diana L. Owens 2004 dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari (1) Assessment/Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Analisis Kebutuhan dan Analisis Front-end (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Pengembangan multimedia pembelajaran ini di uji cobakan kepada siswa kelas VIII di MTs Khadijah Malang. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan instrumen angket (ahli media ahli desain ahli materi siswa) dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli media tanggapan ahli desain tanggapan ahli materi dan siswa dengan menggunakan kriteria kevalidan/kelayakan media pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan multimedia interaktif yang telah diuji cobakan kepada ahli media ahli desain ahli materi dan siswa. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 84% ahli desain diperoleh hasil sebesar 96% ahli media diperoleh hasil sebesar 89 3% siswa secara perorangan diperoleh hasil sebesar 83 52% dalam uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 84 2% uji coba klasikal diperoleh hasil sebesar 86 41%. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat sangat valid / sangat layak untuk digunakan di MTs Khadijah Malang. Dengan hasil tes formatif 30 siswa yang telah mencapai SKM 75 sebanyak 26 siswa (87%) dan yang belum mencapai sebanyak 4 siswa (13%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang memenuhi SKM mencapai tingkat prosentase 87% maka produk tersebut dikatakan efektif. Saran yang diajukan untuk pengembang berikutnya yaitu hendaknya lebih memperhatikan pemilihan materi pemilihan software dan akan lebih baik lagi jika pengembangan selanjutnya tidak hanya mengembangkan satu pokok bahasan tetapi terdapat berbagai pokok bahasan yang dapat dikembangkan melalui multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57191 |
Actions (login required)
View Item |