Pengembangan paket pembelajaran budidaya melon kelas XI Sekolah Pertanian Pembangunan / Suparjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran budidaya melon kelas XI Sekolah Pertanian Pembangunan / Suparjo

Suparjo (2014) Pengembangan paket pembelajaran budidaya melon kelas XI Sekolah Pertanian Pembangunan / Suparjo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suparjo 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Melon Kelas XI Sekolah Pertanian Pembangunan. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata kunci Pengembangan Paket Pembelajaran 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran akan sukses jika semua komponen berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu diantara komponennya adalah bahan ajar. Bahan ajar mempunyai peranan penting dalam pembentukan kecakapan lulusan agar memiliki keterampilan vokasional sesuai kompetensi keahliannya. Perlunya Pengembangan karena bahan ajar yang digunakan selama ini berupa Paket Satuan Keterampilan ditulis dengan bahasa formal belum mendeskripsikan struktur isi materi belum berorientasi pada karakteristik matapelajaran dan peserta didik dan belum menggunakan desain pembelajaran yang baku. Pengembangan merupakan salah satu dari lima bidang garapan teknologi pembelajaran bertujuan memecahkan permasalahan pembelajaran. Kelima bidang garapan tersebut adalah desain pengembangan pemanfaatan pengelolaan dan penilaian. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk paket pembelajaran yaitu bahan ajar panduan peserta didik dan panduan guru yang tervalidasi praktis efektif dari segi waktu dan menarik dirancang sesuai analisis kebutuhan empirik di lapangan. Pengembangan produk berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dan desain pembelajaran model Dick Carey sampai pada tahap kesembilan. Untuk komponen bahan ajar mengacu pada Departemen Pedidikan Nasional dengan beberapa fitur pengembangan. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian pengembangan dikelompokkan menjadi tiga yaitu (1) data evaluasi tahap pertama hasil validasi ahli isi materi ahli desain dan ahli media pembelajaran (2) data evaluasi tahap kedua hasil penilaian/tanggapan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil (3) data uji coba lapangan hasil penilaian/tanggapan peserta didik dan guru matapelajaran serta tes. Instrumen pengumpulan data dokumentasi angket wawancara dan tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk bahan ajar cetak yang dilengkapi panduan peserta didik dan panduan guru. Persentase hasil penilaian/tanggapan validator dan uji coba lapangan terhadap produk paket pembelajaran adalah 92 4%. Artinya berada dalam kriteria sangat layak (81% - 100%) pada tabel konversi tingkat pencapaian dengan skala Likert. 12288 12288 12288 12288 Hasil kajian produk yang telah direvisi disimpulkan bahwa (1) Produk paket pembelajaran dikembangkan secara sistematis dan sistemik berdasarkan analisis kebutuhan empirik di lapangan (2) Produk paket pembelajaran dianggap telah memenuhi syarat atau kriteria kelayakan melalui tahapan penyusunan analisis dan revisi produk sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran dalam upaya pemecahan masalah belajar di Sekolah Pertanian Pembangunan khususnya dengan ketersediaan paket pembelajaran yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57182

Actions (login required)

View Item View Item