Yuanita, Friendha (2013) Pengembangan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 4 semester 2 di SDN Padasan Bondowoso / Friendha Yuanita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah mata pelajaran yang mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan alam. Karakteristik ilmu pengetahuan alam ini akan cocok jika menggunakan pendekatan konstektual. Akan tetapi tidak seluruh pokok bahasan dalam IPA ini cocok dengan pendekatan kontektual. Hal ini dikarenakan manusia mengalami keterbatasan ruang dan waktu. Oleh karena itu diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat memperjelas materi pembelajaran tersebut dan siswa dapat langsung melihat contoh nyata tanpa harus observasi langsung. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah di lakukan di SDN Padasan Bondowoso pembelajaran IPA untuk kelas 4 SD masih menggunakan text book. Selain menggunakan text book guru juga menggunakan gambar-gambar yang diambil dari majalah koran ataupun gambar dari internet yang kapasitas gambarnya belum bisa dijangkau oleh siswa dalam satu kelas. Berangkat dari permasalahan di atas diperlukan pengembangan suatu video pembelajaran yang menyajikan penjelasan materi kelas 4 semester 2 sekaligus mengatasi persoalan keterbatasan ruang dan waktu yang terjadi. Kegiatan pengembangan dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan video pembelajaran IPA kelas 4 semester 2 yang efektif yang membuat siswa dapat menerima pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan baik. Metode Pengembangan ini menggunakan model Dick dan Carey dengan prosedur pengembangan terdiri dari 1) Identifikasi Tujuan Umum Pembelajaran 2) Analisis Pembelajaran 3) Identifikasi Karakteirstik Siswa 4) Merumuskan Tujuan Khusus Pembelajaran 5) Mengembangkan Instrumen Penilaian 6) Mengembangkan Strategi Pembelajaran 7) Mengembangkan dan Memilih Bahan Pembelajaran 8) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Formatif 9) Merevisi Produk Pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran IPA kelas 4 semester 2 diperoleh hasil validasi oleh ahli media sebesar 93 7% ahli materi sebesar 95 8% siswa dalam uji coba perseorangan sebesar 88 8% siswa dalam uji coba kelompok kecil sebesar 91% siswa dalam uji coba lapangan sebesar 91 8% maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid/layak. Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa perolehan data ahli media ahli materi audien tentang video pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid/layak. Sehingga video pembelajaran IPA kelas 4 semester 2 dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57173 |
Actions (login required)
View Item |