Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif tema transportasi untuk kelas A di TK Negeri Tlogowaru Malang / Donna Boedi Maritasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif tema transportasi untuk kelas A di TK Negeri Tlogowaru Malang / Donna Boedi Maritasari

Maritasari, Donna Boedi (2013) Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif tema transportasi untuk kelas A di TK Negeri Tlogowaru Malang / Donna Boedi Maritasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Animasi Interaktif Tema Alat Transportasi Animasi komputer dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan gerakan-gerakan yang menggambarkan suatu objek lengkap dengan karakteristiknya. Hal ini menunjukkan bahwa animasi komputer dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran berupa pengetahuan tentang fakta konsep atau prinsip. Pada TKN Tlogowaru Malang 65% anak belum mengetahui tentang tema alat transportasi Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah berusaha dengan melengkapi pembelajaran dengan media peraga misalnya dengan miniatur atau gambar. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran media yang digunakan guru masih terbatas dan kurang cocok dengan tema yang ada sehingga guru harus memilah-milahnya lagi. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan media animasi interaktif pada tema alat transportasi untuk kelas A yang menarik efisien serta efektif. Media ini berisi berbagai macam materi tema transportasi sesuai dengan kurikulum serta tampilannya menarik dan dirancang oleh peneliti berdasarkan karakteristik dan prinsip anak usia dini. Prosedur pengembangan media animasi interaktif tema transportasi ini adalah (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (planning) (3) Pengembangan draft produk (develop preliminary form of product) (4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing) (5) merevisi hasil uji coba (main product revition) (6) uji coba lapangan (main field testing) (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan (operasional product revision). Intrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil pengembangan ini adalah 93 75% anak tertarik menggunakan media animasi interaktif pada bidang kognitif tema transportasi 91 67% media ini efisien digunakan anak dan 97 22% efektif digunakan untuk anak. Sedangkan data keseluruhan yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran memiliki nilai kevalidan sebesar 75 62% ahli materi anak usia dini 94 56% dan ahli media 88 00%. Berdasarkan hasil pengembangan media animasi interaktif pada bidang kognitif tema transportasi maka disimpulkan bahwa media inimenarik efisien dan efektif digunakan untuk anak kelas A. Disarankan kepada guru agar menggunakan media animasi interaktif pada bidang kognitif tema transportasi serta dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57172

Actions (login required)

View Item View Item