Oktaviani, Herlina Ike (2013) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas VII dalam pembelajaran biologi di SMP Negeri 10 Malang melalui model pemerolehan konsep / Herlina Ike Oktaviani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci berpikir kritis berpikir kreatif model pemerolehan konsep Dimensi berpikir manusia ada dua kategori yaitu konvergen (berpikir memusat) dan divergen (menyebar). Guru masih cenderung melatih kemampuan berpikir konvergen sehingga masih banyak siswa yang merasa tidak mampu memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran yang membutuhkan berpikir kompleks (divergen). Pada pembelajaran Biologi di SMP Negeri 10 untuk kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa rendah. Pembelajaran Biologi lebih sering menggunakan metode menghafal mengingat dan terapan. Model Pemerolehan Konsep diterapkan di kelas VII SMP Negeri 10 Malang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan Model Pemerolehan Konsep dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Malang (2) mendeskripsikan Model Pemerolehan Konsep dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Mc.Kernnan. Peneliti bertindak sebagai mitra guru yang secara kolaboratif melaksanakan pembelajaran dengan model pemerolehan konsep. Instrumen pengumpulan data penelitian melalui lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar penilaian validasi dan catatan lapangan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan perhitungan sedangkan data kualitatif dimulai dengan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam Pembelajaran Biologi meningkat melalui penerapan model pemerolehan konsep. Penerapan Model pemerolehan konsep terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap penyajian data dan identifikasi konsep (2) pengujian pencapaian konsep dan (3) analisis strategi-strategi berpikir. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII meningkat mulai dari 55 4% 61 7% 62 9% 67 2% 73 6% hingga 76 7%. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII meningkat mulai dari 46 7% 57 1% 63 2% 67 8% 72 1% hingga 78 4%. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah (1) sebaiknya untuk kemampuan berpikir kritis dan kreatif juga diukur melalui hasil kemampuan siswa mulai C4 sampai C6 (2) penerapan model pemerolehan konsep dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif sebaiknya dikombinasikan dengan model pembelajaran lain agar mencapai hasil maksimal (3) hendaknya model McKernnan dapat dikembangkan dalam dalam PTK selanjutnya (4) aktivitas penelitian agar disinkronkan dengan unsur-unsur Model Pemerolehan Konsep.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57170 |
Actions (login required)
View Item |