Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Putra Indonesia Malang / Pramesti Retno Suryaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Putra Indonesia Malang / Pramesti Retno Suryaningtyas

Suryaningtyas, Pramesti Retno (2013) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Putra Indonesia Malang / Pramesti Retno Suryaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suryaningtyas Pramesti Retno. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMK Putra Indonesia Malang. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes dan (II) Dr. Sulthoni M.Pd Kata Kunci PKn pembelajaran berbasis masalah motivasi berprestasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis 1) perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa yang diajar strategi menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional 2) perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah 3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dirancang menggunakan pendekatan eksperimen kuasi dengan desain faktorial sederhana 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Putera Indonesia Malang sejumlah 322 siswa. Jumlah sampel yang diteliti berjumlah 74 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada dua jenis yaitu kuisioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah 1) nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar menggunakan strategi PBL lebih tinggi (sebesar 2 974) dari pada hasil belajar PKn siswa yang diajar menggunakan model konvensional (sebesar 1 092) 2) nilai rata-rata hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi sebesar 3 183 sedangkan yang memiliki motivasi berprestasi rendah sebesar 0 883 3) siswa kelompok eksperimen dengan motivasi berprestasi tinggi memiliki hasil belajar PKn paling baik sebesar 4 682 sedangkan siswa kelompok kontrol dengan motivasi berprestasi rendah memiliki hasil belajar PKn paling jelek sebesar 0 5. Berdasarkan hasil penelitian maka terdapat kesimpulan 1) strategi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar hasil belajar mata pelajaran PKn kelompok eksperimen (diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah) lebih tinggi dari pada hasil belajar kelompok kontrol (diajar menggunakan strategi konvensional atau ceramah) 2) motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar hasil belajar PKn siswa yang motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang motivasi berprestasi rendah 3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar PKn hasil belajar terbaik didapatkan siswa kelompok eksperimen (diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah) yang motivasi berprestasi tinggi dan hasil belajar terjelek didapatkan siswa kelompok kontrol (diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional) yang motivasi berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57168

Actions (login required)

View Item View Item