Goeyardi, Wandayani (2013) Pengembangan bahan ajar mata kuliah menulis aksara Cina Prodi Bahasa dan Sastra Cina di Universitas Brawijaya Malang / Wandayani Goeyardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Goeyardi Wandayani. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menulis Aksara Cina Prodi Bahasa dan Sastra Cina di Universitas Brawijaya Malang. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M. Ed. (II) Dr. AJE. Toenlioe M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar strategi pembelajaran. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang ditemukan ketika pengembang melaksanakan studi pendahuluan bagi mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Cina di Universitas Brawijaya Malang yang sedang menempuh Mata Kuliah Menulis dan Tata Bahasa. Kenyataan di lapangan terdapat keterbatasan referensi yang membahas strategi pembelajaran sehingga mahasiswa kesulitan untuk mendapatkan bahan ajar yang mudah dipelajari dalam perkuliahan. Referensi yang tersedia terbatas pada buku pegangan dosen dan itupun masih kurang memadai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Cina. Berangkat dari masalah tersebut maka perlu segera diberikan solusinya dengan mengembangkan bahan ajar strategi pembelajaran untuk mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Cina di Universitas Brawijaya Malang. 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar cetak berupa buku ajar strategi pembelajaran yang dilengkapi buku panduan dosen dan buku panduan mahasiswa yang didesain secara sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Cina supaya mudah dalam menggunakannya. 12288 12288 12288 Hasil pengembangan divalidasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba mahasiswa beserta dosen pengampu mata kuliah. Berdasarkan dari semua hasil analisis data pada setiap uji coba yang dilakukan oleh pengembang dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis data yang diperoleh dari ahli isi ahi media ahli desain uji coba perorangan uji coba kelompok kecil uji lapangan beserta dosen pengampu mata kuliah menunjukkan persentase yang diperoleh di atas kriteria minimal 81%-100% hal ini berarti bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya yakni (1) bahan ajar ini dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam perkuliahan (2) mahasiswa dan dosen dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu buku panduan (3) dosen disarankan menambahkan sajian materi strategi pembelajaran yang lebih khusus dalam Mata Kuliah Menulis Aksara Cina (4) bahan ajar ini hendaknya disertai suplemen berupa CD pembelajaran agar lebih variatif dan menarik dalam penyajian materinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57163 |
Actions (login required)
View Item |