Zakky, Achmad (2013) Pengembangan paket pembelajaran budidaya ternak unggas untuk siswa SMK-SPP Negeri Pelaihari / Achmad Zakky. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan paket pembelajaran budidaya ternak unggas memelihara ayam pedaging Penelitian ini adalah penelitian pengembangan paket pembelajaran terdiri dari bahan ajar budidaya ternak unggas dengan standar kompetensi memelihara ayam pedaging panduan guru dan panduan siswa. Penelitian ini didasari tidak tersedianya bahan ajar budidaya ternak unggas yang layak menarik dan sesuai dengan kurikulum SMK-SPP Pelaihari. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kelayakan produk pengembangan yang meliputi bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Rancanganpenelitian menggunakan prosedurpengembangan model Dick Carey and Carey yang terdiridari 9 langkah dalam 2 tahapanyaitu tahapanpenyusunanpaketpembelajarandantahapujicobaproduk. Sumber datapenelitian adalah ahliisimatapelajaran ahlidesaindan media pembelajaran 3 siswadalamujicobaperorangan 6 siswadalamujikelompokkecildan 30 siswadalamujipenggunaanprodukbesertatanggapan guru matapelajaranbudidayaternakunggas. Instrumen penelitian adalah lembar angketsaran/tanggapan lembar validasiahli lembar respon guru dansiswa serta lembar soal teshasilbelajar. Teknik analisis data dilakukansecaradeskriptifkualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilakukan untuk data hasil lembar angket respon guru dan respon siswa. Analisis data deskriptifkuantitafdilakukan pada data hasilvalidasiparaahlidanhasilbelajar siswa. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikankelayakanpaketpembelajaranbudidayaternakunggas yang dikembangkan. Hasilujicobamenunjukkanbahwapaketpembelajaranbudidaya ternak unggas dalam kategoribaikdanlayak. Hal inidapatdilihatdarianalisas hasilvalidasiterhadappaketpembelajaran yang terdiribahan ajar panduan guru dansiswadenganurutanpersentasesebagaiberikut (1) dari ahliisi 92 00% 90 00% 91 43% (2) dari ahlidesain 82 22% 83 64% 83 64% (3) dari ahli media 74 74 00% 76 67% 71 67%. Analisis data responsiswaterhadapbahan ajar danpanduansiswapada (1)ujiperorangan 85 24% 84 17% (2) ujikelompokkecil 86 67% 82 08% dan(3) ujilapangan 83 76% 82 08 %. Analisis data respon guru terhadapbahan ajar 83 53% danpanduan guru 84 00 %. Sedangkananalisis hasilbelajarsiswa yang diperolehpadaimplementasipenggunaanproduk terdapatpeningkatanantarahasilpre-testdanpost-testsebesar 32 00%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57161 |
Actions (login required)
View Item |