Suryaningsih, Sri (2013) Pengembangan paket pembelajaran dasar-dasar peternakan kelas X semester 2 di SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat / Sri Suryaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suryaningsih Sri. 2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Dasar-dasar Peternakan Kelas X Semester 2 di SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat. Tesis Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (2) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd. Kata-kata Kunci Paket Pembelajaran Dasar-dasar Peternakan Pengembangan Model Dick Carey Carey. Dasar-dasar peternakan merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang ada di SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat. Permasalahan yang ada di lapangan adalah di sekolah tersebut belum tersedia paket pembelajaran yang disusun sesuai karakteristik siswa dan karakteristik mata pelajaran serta belum teruji kelayakannya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk akhir berupa paket pembelajaran Dasar-dasar Peternakan yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran tersebut dan menguji bagaimana kelayakan paket pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan model Dick Carey Carey dengan langkah-langkah (1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis tujuan umum pembelajaran (3) menganalisis pebelajar dan konteks (4) menuliskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran (10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai langkah kesembilan. Hasil analisis penilaian terhadap produk disimpulkan bahwa secara keseluruhan paket pembelajaran Dasar-dasar Peternakan ini termasuk dalam kualifikasi sangat layak dan valid sebagai paket pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dasar-dasar peternakan dengan rincian sebagai berikut (a) ahli isi 89 02% (b) ahli desain 83 81% (c) ahli media 95 19% (d) uji coba perorangan 88 92% (e) uji coba kelompok kecil 90 88% (f) penilaian siswa pada uji coba lapangan 94 96% dan (g) penilaian guru pada uji coba lapangan 94 44%. Beberapa saran dan komentar dari para ahli dan subjek uji coba dijadikan masukan dalam merevisi produk sehingga menjadi lebih sempurna. Produk pengembangan ini dihasilkan dengan beberapa ciri khas yang membedakan dari produk lain diantaranya adalah menggunakan model Dick Carey Carey dalam pengembangannya pewajahan dirancang secara menarik materi dilengkapi foto disusun secara terorganisasi disajikan lebih dinamis karena banyak melibatkan aktivitas siswa dan dapat memfasilitasi siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Kelebihan paket pembelajaran ini adalah pengembangan ini telah disesuaikan dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran telah divalidasi oleh para ahli dan para calon pengguna melalui uji coba lapangan disamping itu produk ini dilengkapi dengan panduan guru dan panduan siswa. Sedangkan kelemahannya adalah produk pengembangan ini menuntut minat baca komunikasi produk hanya satu arah penggunaan produk pengembangan masih terbatas pada siswa SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat dan belum dilengkapi dengan program pengayaan bagi siswa yang cepat mencapai kompetensi. Untuk itu beberapa saran terhadap produk ini adalah diperlukan peran serta guru dalam menimbulkan minat baca siswa dalam awal pembelajaran guru memberikan arahan terhadap proses pembelajaran dan jika digunakan di sekolah lain perlu diadakan penyesuaian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57160 |
Actions (login required)
View Item |