Wahid, Abdul (2013) Pengembangan paket pembelajaran teknologi benih kelas XI semester I Program Keahlian TPH SMK-SPP Negeri Banjarbaru / Abdul Wahid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahid Abdul. 2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Pelajaran Teknologi Benih Kelas XI Semester I Program Keahlian TPH SMK-SPP Negeri Banjarbaru. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. (II) Dr. Anselmus JE Toenlioe M.Pd. Kata kunci pengembangan paket pembelajaran Teknologi Benih model Dick Carey. Mata pelajaran Teknologi Benih merupakan mata pelajaran produktif pada kelas XI program keahlian TPH di SMK-SPP Negeri Banjarbaru. Salah satu masalah yang dihadapi yaitu belum tersedianya bahan ajar yang layak. Bahan ajar yang digunakan berupa diktat dengan cakupan materi sangat terbatas. Tampilan tidak menarik tanpa pengorganisasian yang jelas. Pemecahan permasalahan tersebut di atas dengan melakukan pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran dengan model Dick Carey (2001). Tujuan pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk paket pembelajaran mata pelajaran Teknologi Benih terdiri dari bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Hasil review dari ahli isi terhadap paket pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (95%) panduan guru sangat layak (93%) dan panduan siswa layak (84%). Review ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar memenuhi kualifikasi layak (78%) panduan guru dan panduan siswa layak (76%). Review ahli media pembelajaran untuk bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (97%) panduan guru dan panduan siswa sangat layak (93%). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahan ajar memenuhi kualifikasi (87%) panduan siswa memenuhi kualifikasi sangat layak (86%). Uji coba lapangan menunjukkan bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (96%). Panduan siswa memenuhi kualifikasi sangat layak (91%). Penilaian guru mata pelajaran terhadap bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (93%) dan panduan guru memenuhi kualifikasi sangat layak (98%). Terjadi peningkatan hasil belajar siswa nilai pretest dan posttest sebesar 31%. Kelebihan paket pembelajaran yang telah dirancang yaitu 1) disusun secara sistematis 2) sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa 3) pembelajaran menarik menantang dan siswa dapat lebih mengekplorasi materi 4) cover dan bagian dalam ditata dengan desain grafis 5) sistematika pengorganisasian bahan ajar sangat lengkap dan rinci 6) dilengkapi panduan untuk guru dan siswa. Kelemahan paket pembelajaran yaitu 1) bila ingin digunakan secara luas perlu penyempurnaan atau revisi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna dan 2) paket pembelajaran berupa media cetak statis sehingga kaku dan terbatas dalam penggunaannya. Oleh karena itu disarankan untuk melengkapi dengan media pendamping seperti power point dan video.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57159 |
Actions (login required)
View Item |