Kamilah (2013) Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman jahe untuk siswa kelas XI Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda / Kamilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kamilah 2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Tanaman Jahe untuk Siswa Kelas XI Sekolah Pertanian Samarinda. Tesis. FSJ Teknologi Pembelajaran Pasca Sarjana Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Tanaman Jahe. Pengembangan paket pembelajaran merupakan upaya untuk mempermudah proses pembelajaran dan sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun sampai saat ini untuk mata pelajaran Budidaya Tanaman Jahe di SPP N Samarinda bahan yang dimaksud belum tersedia dan untuk itulah perlunya mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran itu sendiri. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan menggunakan model desain pengembangan Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan yang dilakukan terbatas hanya sampai sembilan langkah. Paket pembelajaran yang dikembangkan terdiri tiga bagian yaitu (1) bahan ajar (2) panduan guru dan (3) panduan siswa. Upaya pengembangan paket pembelajaran dilakukan melalui lima tahapan yaitu (1) menentukan mata pelajaran yang dikembangkan (2) mengidentifikasi kurikulum mata pelajaran yang dikembangkan (3) merumuskan langkah-langkah pengembangan (4) uji coba produk dan (5) revisi produk pengembangan. Komponen bahan ajar terdiri judul bab petunjuk tujuan pembelajaran epitome/ kerangka isi konsep-konsep kunci isi (materi) gambar/ilustrasi rangkuman glosarium soal latihan kunci jawaban komponen penilaian daftar rujukan. Hasil uji coba produk dari ahli isi mata pelajaran ahli media pembelajaran dan ahli desain pembelajaran berada dalam kategori sangat layak. Hasil uji perorangan terdapat kesalahan pengetikan kesalahan penggunaan tanda baca kesalahan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil pada bahan ajar dan panduan siswa serta kata-kata yang sulit dipahami pada bahan ajar. Hasil uji coba kelompok kecil dan hasil uji coba lapangan terhadap bahan ajar dan panduan siswa berada pada kategori sangat layak. Sedangkan perolehan nilai pretes dan postes penggunaan bahan ajar terdapat kenaikan sebesar 75 71 % dari 4 61 menjadi 8 10. Kelebihan paket pembelajaran ini adalah (1) disusun secara sistematis (2) memotivasi belajar siswa (3) memudahkan proses pembelajaran siswa. Adapun kelemahan paket pembelajaran ini adalah disusun hanya berdasarkan karakteristik siswa SPPN Samarinda. Saran yang diajukan yaitu (1) bahan ajar digunakan sebagai salah sumber belajar bagi siswa dan media bagi guru di SPP N Samarinda (2) perlu uji coba seluruh bab untuk mengetahui efektifitas penggunaannya (3) apabila digunakan ditempat lain agar dilakukan penyesuai seperlunya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57158 |
Actions (login required)
View Item |