Waluyo, Tri (2013) Pengembangan paket bahan ajar sejarah dengan model R2D2 / Tri Waluyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Waluyo Tri 2013. PengembanganPaketBahanAjar Mata PelajaranSejarahDengan Model R2D2. Tesis JurusanTeknologiPembelajaran Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. WarasKamdi M.Pd (2) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd. Kata kunci Pengembangan PaketBahan Ajar Sejarah Model R2D2 Perkembangan kurikulum sejarah nasional dan umum tidak terlepas dari faktor eksternal dan internal. Isu global yang disertai dengan perkembangan teknologi informasi dan otonomi daerah mempengaruhi perkembangan kurikulum sejarah. Kurikulum nasional yang disusun berdasarkan kompetensi dasar. Kemampuan dasar sangat dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu menyelesaikan masalah-masalah belajarnya berdasarkan Standar Kompetensi. Berdasarkan observasi awal pada bulan Desember 2012 penulis menemukanbeberapa kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran sejarah yakni keterbatasan sumber belajar berupa buku teks. Hal ini diakui oleh Bapak Shun an Shirojuddin S.Hum guru mata pelajaran Sejarah SMA YAPITA Surabaya. Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan beliau mengemukakan bahwa pembelajaran di kelas masih bersifat klasikal yakni menggunakan metode ceramah dan keterbatasan jumlah sumber belajar sejarah berupa buku teks. Di sisi lain buku teks yang ada kebanyakan isinya masih sangat padat dan cakupannya begitu luas belum mampu menarik minat dan pengembangan kreativitas siswa untuk belajar sejarah. Penyebabnya adalah penggunaan bahan ajar masih menekankan pada hafalan dan belum menampakkan ke arah kognitif sebagai bentuk kreativitas berfikir. Oleh karena itu perlu adanya proses pemaknaan tentang pengetahuan sejarah dengan pendekatan keterampilan proses. Selain itu penggunaan metode pembelajaran masih bersifat klasikal dan monoton yang berdampak pada kejenuhan dan kebosanan siswa untuk mempelajari materi Sejarah. Pemaparan materi dalam buku ajar belum menunjukkan keterkaitan antar bab pengorganisasian isi materi dan tingkat kemenarikan. Hal ini didukung oleh tanggapan para siswa bahwa buku ajar yang dipakai materinya terlalu padat dan sulit dipahami serta menekankan pada pengetahuan untuk menghafal tanggal dan tahun untuk mengetahui peristiwa-peristiwa sejarah. Masalah yang seringmunculdalam proses pembelajaran adalah ketersediaan bahan ajar yang cukup. Di sisi lain bahan ajar yang ada dewasa ini belum sepenuhnya dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa. Sehingga para siswa masih belum termotivasi dan terangkat minatnya untuk menggali pengetahuan lebih dalam melalui bahan ajar yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57155 |
Actions (login required)
View Item |