Mooy, Herlistin (2013) Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman jagung untuk siswa kelas X semester 2 SMK-PP Negeri Kupang / Herlistin Mooy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Herlistin Mooy 2013. Pengembangan Bahan Ajar Budidaya Tanaman Jagung untuk Siswa kelas X semester 2 SMK-PP Negeri Kupang. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd. Kata Kunci Pengembangan bahan ajar budidaya jagung Penelitian ini menjawab permasalahan yang terjadi di SMK-PP Negeri Kupang yaitu (1) belum adanya paket pembelajaran budidaya tanaman jagung yang dipakai guru dan siswa dalam proses pembelajaran (2) belum ada bahan ajar budidaya tanaman jagung yang telah melalui uji kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berangkat dari masalah tersebut maka perlu segera diberikan solusinya dengan mengembangkan paket pemelajaran Budidaya Tanaman Jagung untuk siswa kelas X semester 2 SMK-PP Negeri Kupang. Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan paket pembelajaran budidaya tanaman jagung yang didesain secara sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karateristik siswa SMK-PP Negeri Kupang (2) mengetahui kelayakan dari paket pembelajaran yang dikembangkan. Dengen demikian maka akan mudah dalam penggunaannya. Metode pengembangan ini didasarkan pada model Dick Carey Carey (2001). Prosedur pengembangan sebagai berikut (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis siswa dan konteks (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangakan instrument penilaian (6) mengembangkan stategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan ajar. Hasil pengembangan divalidasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba siswa beserta guru mata pelajaran. Adapun hasilnya yaitu uji satu orang ahli isi didapatkan penilaian bahan ajar mencapai presentase 85 33% panduan guru 81 66% dan panduan siswa 81 81% ketiganya dalam kategori sangat layak. Uji satu orang ahli desain diperoleh penilaian bahan ajar mencapai 97 05% panduan guru 100% dan panduan siswa 100% ketiganya termasuk dalam kategori sangat layak. Uji satu orang ahli media diperoleh penilaian bahan ajar mencapai presentase 79 23% panduan guru 80% dan panduan siswa 80% ketiganya dalam kategori layak. Sedangkan hasil dari uji siswa yaitu Uji kelompok kecil bagi enam orang siswa didapatkan penilaian bahan ajar mencapai 98 42% dan panduan siswa 98 33% keduanya dalam kategori sangat layak. Uji coba klasikal bagi 30 orang siswa didapatkan penilaian bahan ajar mencapai 99 65% dan panduan siswa 99 58% satu orang guru mata pelajaran didapatan penilaian bahan ajar 98 59 dan panduan guru 96 66%. Dari hasil uji coba lapangan tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan dari semua hasil analisis data pada setiap uji coba yang dilakukan oleh pengembang dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis data yang diperoleh dari ahli isi ahli media ahli desain uji kelompok kecil uji coba lapangan beserta guru pengampu mata pelajaran menunjukkan presentase yang diperoleh di atas kriteria minimal 61%-100%. Hal ini berarti bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya yakni (1) bahan ajar ini dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran (2) siswa dan guru dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu buku panduan (3) bahan ajar ini hendaknya disertai suplemen berupa CD pembelajaran agar lebih variatif dan menarik dalam penyajian materinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57154 |
Actions (login required)
View Item |