Malelak, Ina Soda Molek (2013) Pengembangan paket pembelajaran dasar-dasar peternakan untuk siswa kelas X semester 1 SMK-PP Negeri Kupang / Ina Soda Molek Malelak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ina Soda Molek Malelak. 2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Dasar-Dasar Peternakan Untuk Siswa Kelas X Semester 1 SMK-PP Negeri Kupang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd. Kata Kunci pengembangan paket pembelajaran dasar-dasar peternakan model Dick Carey. Mata pelajaran Dasar-Dasar Peternakan (DDP) termasuk salah satu mata pelajaran produktif. Kompetensi yang ada dalam mata pelajaran ini merupakan kompentensi dasar yang harus dikuasai pebelajar sebagai landasan untuk mempelajari kompetensi yang ada dalam mata pelajaran produktif lainnyapada program studi peternakan. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran DDP adalah sulitnya memperoleh bahan ajar yang didesain sesuai dengan keperluan pembelajaran. Permasalahan ini harus segera mendapat perhatian dan pemecahan masalah. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan paket pembelajaran DDP yang sesuai untuk keperluan pembelajaran serta memperhatikan karakteristik dan kebutuhan pebelajar. Model yang digunakan dalam pengembangan paket pembelajaran ini adalah model Dick Carey (2001).Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu 1) mengidentifikasi kebutuhan dan merumuskan tujuan pembelajaran umum 2) melakukan analisis pembelajaran umum 3) menganalisis karakteristik pebelajar dan konteks pembelajaran 4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus 5) mengembangkan instrumen pengukuran 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih materi ajar 8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif dan 9) melakukan revisi terhadap bahan ajar. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar buku panduan guru dan buku panduan siswa. Hasil pengembangan berupa draf paket pembelajaran diujicobakan melalui beberapa tahapan yaitu (1) review ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran (2) uji coba perorangan (3) uji coba kelompok kecil dan (4) uji coba lapangan. Hasil penilaian/tanggapan dari masing-masing tahap digunakan sebagai masukan untuk dilakukan revisi sebelum ke tahap berikutnya. Hasil penilaian/tanggapan yang diperoleh saat evaluasi formatif adalah sebagai berikut 1) ahli isi mata pelajaran 87 8% 2) ahli desain pembelajaran 99 6% 3) ahli media pembelajaran 87 7% 4) uji coba kelompok kecil 95 9% dan uji coba lapangan 96 8%. Semua hasil penilaian/tanggapan menunjukkan bahwa paket pembelajaran berada dalam kategori sangat layak. Artinya paket pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar.Hal ini didukung juga dengan kemampuan paket pembelajaran yang sangat baik dalam memotivasi pebelajar untuk mempelajarinya yaitu sebesar 99 6%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57153 |
Actions (login required)
View Item |