Hanim (2013) Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman kacang panjang untuk kelas X SMK-PP Negeri Jambi / Hanim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hanim. 2013. Pengembangan Peket Pembelajaran Budidaya Tanaman Kacang panjang Untuk Kelas X SMK- PP Negeri Jambi. Tesis Progam Studi Teknologi Pembelajaran Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr.H.Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (2) Dr. Anselmus. JE Toenlioe M.Pd Kata kunci Paket Pembelajaran Pengembangan Budidaya Tanaman Kacang Panjang. Teknologi pembelajaran memiliki tujuan utama untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Pemecahan masalah belajar tersebut amat penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Peningkatan ini dapat ditempuh dengan mengarahkan kegiatan pembelajaran pada tiga aspek penting yaitu keefektifan efisien dan daya tarik. Salah satu peran besar bidang teknologi pembelajaran adalah penyedian sumber-sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Sementara itu kondisi di lapangan khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Jambi belum tersedia bahan ajar yang benar-benar dirancang khusus untuk pembelajaran siswa SMK-PP Negeri Jambi. Bahan pembelajaran yang ada selama ini hanya berupa buku teks yang judulnya bermacam-macam dan paket satuan keterampilan. Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mengembangkan paket pembelajaran. yang terwujud dalam bentuk bahan ajar yang dilengkapi dengan panduan siswa dan panduan guru. Bahan pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan dalam penelitan ini yaitu mata pelajaran keterampilan dengan satu pokok bahasan budidaya tanaman kacang panjang. Hal tersebut sesuai dengan pelaksanaan program pendidikan pertanian yang mengutamakan pembelajaran keterampilan yang berorientasi agribisnis. Paket pembelajaran ini dalam pengembangannya menggunakan model Dick Carey. Hasil dari evaluasi tahap pertama dari ahli isi pembelajaran terhadap bahan ajar 92 50% panduan guru 92 50% dan panduan siswa 92 50% rata-rata 92 50%. Ahli media pembelajaran terhadap bahan ajar 99 00% panduan guru 100 panduan siswa 100 rata- rata 99 98%. Ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar 81 90% panduan guru 92 50% dan panduan siswa 80 00% rata-rata 84 80%. Evaluasi tahap kedua uji perorangan terhadap bahan ajar 96 60% dan panduan siswa 100 rata-rata 98 84% uji kelompok kecil terhadap bahan ajar 98 84% dan panduan siswa 100 rata-rata 99 24%. Dan evaluasi tahap ketiga atau dari hasil uji lapangan dari guru mata pelajaran terhadap bahan ajar 98 33% panduan guru 100 dan panduan siswa 100 rata-rata 99 43%. Sedangkan dari siswa terhadap bahan ajar 90 80% dan panduan siswa 95 43% rata-rata 93 11%. Dapat di simpulkan bahwa paket pembelajaran budidaya tanaman kacang panjang telah memenuhi syarat kriteria kelayakan melalui tahapan penyusunan analisis dan revisi produk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57152 |
Actions (login required)
View Item |