Susilaningsih (2013) Pengembangan bahan ajar matakuliah pengembangan media audio/radio untuk mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Susilaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan bahan ajar Pengembangan media audio/radio Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah proses dan sumber belajar. Pemecahan masalah tersebut amat penting karena berhubungan dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan adanya proses dan sumber belajar dalam pembelajaran yang berkualitas akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas juga. Salah satu sumbangan nyata yang dapat ditunjukkan bidang teknologi pembelajaran adalah penyediaan sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Pengembangan ini bertujuan untuk menjawab masalah yang muncul dalam pembelajaran yaitu mahasiswa kesulitan dalam mendapatkan referensi yang relevan untuk membuat rancangan program media audio/radio hal ini disebabkan buku ajar yang ada kurang sesuai dengan karakteristik mahasiswa dan karakteristik mata kuliah khususnya dalam membuat format media audio/radio pembelajaran maupun format media audio non pembelajaran. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar mata kuliah Pengembangan Media Audio/Radio yang dilengkapi dengan panduan dosen dan panduan mahasiswa dikembangkan untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan jenjang S1 di Universitas Negeri malang. Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran diperlukan suatu model pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik isi yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar mata kuliah Pengembangan Media audio/Radio ini menggunakan model rancangan Dick and Carey yang dipandang sesuai dengan karakteristik matakuliah dan mengacu pada pembelajaran prosedural dan hararki. Hasil pengembangan divalidasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Pemilaian ahli meliputi 1) ahli isi/materi pembelajaran 2) ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. hasil tinjauan para ahli dijadikan dasar dalam perbaikan produk yang selanjutnya dapat dilakukan uji coba untuk mendapatkan masukan dari para pengguna. Uji coba tersebut meliputi 1) uji coba perorangan bagi empat orang mahasiswa 2) uji kelompok kecil bagi delapan mahasiswa dan 3) uji kelompok besar/lapangan bagi 38 mahasiswa. Hasil penilaian ahli materi pembelajaran terhadap bahan ajar yang dikembangkan79% termasuk dalam kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi hasil penilaian ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar 78 5% termasuk dalam kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi dan hasil penilaian ahli media pembelajaran 100% termasuk kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji coba perorangan bahan ajar 77 73% termasuk dalam kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi hasil uji coba kelompok kecil bahan ajar 80 46% termasuk kualifikasi sangat layak tidak perlu direvisi hasil uji coba lapangan 73 77% termasuk dalam kualifikasi layak dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil evaluasi formatif yang telah dilakukan terhadap bahan ajar mata kuliah Pengembangan Media Audio/Radio dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini dinilai layak digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah Pengembangan Media Audio/Radio dan dapat memudahkan mahasiswa Teknologi Pendidikan jenjang S1 di Universitas Negeri Malang dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57149 |
Actions (login required)
View Item |