Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menyusun ransum ternak ruminansia di SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan / Tri Widayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menyusun ransum ternak ruminansia di SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan / Tri Widayah

Widayah, Tri (2012) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menyusun ransum ternak ruminansia di SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan / Tri Widayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata Kunci Multimedia interaktif menyusun ransum ternak ruminansia Hasil belajar mata pelajaran menyusun ransum dinilai masih kurang memuaskan karena hasil belajar siswa belum memenuhi Standar Kelulusan Minimal (SKM). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan multimedia interaktif menyusun ransum. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa serta dapat membelajarkan siswa kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan Hannafian Peck. Model ini terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan fase desain serta fase pengembangan dan implementasi dalam model ini evaluasi dan revisi perlu dilakukan pada setiap fase. Produk yang dihasilkan merupakan model hybrid yaitu penggabungan model Tutorial dengan model Drill and Practice dengan tujuan untuk memperkaya kegiatan siswa menjamin ketuntasan belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua penilaian yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian formatif dilakukan melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil dari uji coba kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing adalah 71% dan kelompok besar adalah 92% yang berarti layak sebagai media pembelajaran. Penilaian sumatif merupakan penilaian dari para ahli. Para ahli dalam penilaian produk multimedia interaktif menyusun ransum adalah ahli materi ahli media dan ahli desain. Hasil penilaian dari ahli materi adalah 94% yaitu sangat layak sebagai media pembelajaran penilaian dari ahli media adalah 94% yaitu sangat layak sebagai media pembelajaran serta penilaian dari ahli desain adalah 95% yaitu sangat layak sebagai media pembelajaran. Ketiga ahli secara umum memberikan penilaian bahwa produk multimedia interaktif menyusun ransum sangat layak sebagai media pembelajaran. Produk multimedia interaktif menyusun ransum memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari produk ini merupakan hasil pengembangan yang telah melalui beberapa tahap penilaian dari para ahli sehingga sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelemahan dalam multimedia interaktif menyusun ransum adalah media ini dibuat untuk pembelajaran individu sehingga diperlukan kesiapan fasilitas maupun keterampilan dari pengguna

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57144

Actions (login required)

View Item View Item