Hattarina, Shofia (2011) Pengembangan video pembelajaran cuaca dan pengaruhnya bagi manusia pelajaran IPA kelas 3 SDN Sentul 2 Blitar / Shofia Hattarina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd Kata kunci pengembangan video pembelajaran IPA kelas 3 SD Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran IPA kelas 3 pokok bahasan Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia di SDN Sentul 2 Blitar yang telah tervalidasi. Pengembangan media video pembelajaran ini menggunakan model Borg and Gall. Subyek uji coba pengembangan video pembelajaran ini adalah siswa kelas 3 SDN Sentul 2 Blitar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Angket dan tes hasil belajar siswa berupa soal-soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah untuk pretest dan postet menggunakan teknik persentase yang dihitung dengan SPSS 17.0. sedangkan data angket dari ahli isi ahli media dan angket uji coba perorangan kelompok kecil dan perorangan dihitung dengan teknik persentase. Hasil penelitian pengembang ini menunjukkan bahwa (1) Data dari ahli isi menyatakan bahwa media video pembelajaran cuaca dan pengaruhnya bagi manusia ini dari kriteria efektifitas telah mencapai 92 5% yang masuk kategori valid. Kriteria efisiensi mencapai 90% yang berarti masuk kategori valid. Kriteria daya tarik telah mencapai 86 6% yang berarti termasuk kategori valid (2) data dari ahli media pembelajaran I menyatakan bahwa untuk kriteria efektifitas efisiensi dan desain pesan mencapai skor 87 5 % yang berarti valid. Kriteria keterbacaan pesan mencapai 80% yang masuk dalam kategori valid. Kriteria tingkat kemenarikan presentasi mencapai skor 86 6% yang termasuk kategori valid (3) data dari ahli media pembelajaran II menyatakan bahwa untuk kriteria efektifitas efisiensi dan ddesain pesan mencapai skor 95% yang berarti valid. Kriteria keterbacaan pesan mencapai 86 6% yang masuk dalam kategori valid. Kriteria tingkat kemenarikan presentasi mencapai skor 80% yang termasuk kategori valid. (4) hasil dari uji angket perseorangan menunjukkan rata-rata keseluruhan dari komponen yang dinilai adalah 88% yang masuk kategori Valid (5) dari hasil angket uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil dari rata-rata keseluruhan komponen yang dinilai mencapai nilai 92% yang masuk dalam kategori valid (6) hasil angket uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa hasil pencapaian sebanyak 90% yang masuk dalam kategori valid (7) data dari hasil pretest kelompok kecil hanya mencapai rata-rata 33 8% dan pada posttest skor rata-rata naik menjadi 52 5%. Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil pretest dan hasil posttest mengalami kenaikan skor rata-rata sebanyak 18 5% (8) Data dari hasil pretest kelompok besar hanya mencapai rata-rata 52 375% dan pada posttest skor rata-rata naik menjadi 80 1%. Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil pretest dan hasil posttest mengalami kenaikan skor rata-rata sebanyak 27 7%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57119 |
Actions (login required)
View Item |