Sholikhan (2011) Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah fisika dasar II pada Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang dengan model Dick Carey & Carey / Sholikhan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis PSSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (II) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Fisika Dasar II Model Dick Carey Carey Hingga saat ini materi fisika masih dianggap sebagai materi yang sulit dan kurang diminati oleh mahasiswa yang berdampak pada proses pembelajaran yang tidak kondusif dan rendahnya hasil belajar mahasiswa. Demikian pula yang terjadi di program studi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang khususnya pada mata kuliah Fisika Dasar II. Berdasarkan studi pendahuluan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa mahasiswa dan dosen diketahui bahwa hasil pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar II kurang memuaskan IP rata-rata mahasiswa hanya 2 51. Tingkat ketidaklulusan rata-rata 10-15%. Penguasaan konsep-konsep dasar kelistrikan kemagnetan gelombang dan atom oleh mahasiswa nampak lemah. Latihan soal yang hanya diganti angka sudah membuat repot mahasiswa. Kenyataan ini terjadi karena berbagai faktor diantaranya bahan ajar yang digunakan untuk mata kuliah Fisika Dasar II jumlahnya sangat terbatas. Buku ajar yang tersedia sebagian besar menggunakan bahasa terjemahan yang sulit difahami. Gambar yang berfungsi untuk memperjelas konsep-konsep yang abstrak tidak sesuai dengan harapan mahasiswa. Di samping itu referensi yang tersedia tidak disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran yang efektif efisien dan memiliki daya tarik diperlukan sumber-sumber belajar yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang lebih berkualitas. Sumber-sumber belajar tersebut dapat berupa pesan orang bahan alat tekhnik dan lingkungan (AECT 1994). Pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar II harus segera mendapat perhatian dan pemecahan masalah. Bila tidak maka kompetensi mahasiswa dalam menguasai konsep-konsep dasar fisika akan semakin lemah. Pemecahan masalah terpenting yang harus segera ditangani adalah pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan paket pembelajaran Fisika Dasar II yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Dick Carey Carey (2001). Pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yakni (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi pembelajaran. Hasil pengembangan berupa draft paket pembelajaran diujicobakan. Uji coba yang telah dilakukan meliputi uji coba ahli isi mata kuliah ahli desain pembelajaran uji coba ahli media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penilaian/tanggapan dari masing-masing tahap digunakan sebagai masukan proses penyempurnaan paket pembelajaran. Hasil uji coba ahli untuk bahan ajar berada dalam kategori sangat baik. Dari hasil uji coba perorangan pengembang banyak mendapatkan perbaikan saran dan masukan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil bahan ajar termasuk kategori sangat tepat/sangat jelas/sangat menarik. Dengan rerata persentase ketepatan 87.65% kejelasan 87.1% dan kemenarikan 86.0%. Panduan mahasiswa juga termasuk kategori sangat baik dengan rerata persentase 86.98%. Untuk uji coba lapangan bahan ajar termasuk kategori sangat tepat/sangat jelas/ sangat menarik dengan rerata persentase ketepatan 86.27% kejelasan 86.07% dan kemenarikan 85.48%. Bahan ajar juga mampu menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam katagori baik (84.87%). Penilaian/tanggapan dosen pembina mata kuliah terhadap bahan ajar temasuk kategori sangat tepat (92.7%)/ sangat jelas (92%) dan sangat menarik (97.8%). Panduan mahasiswa berada dalam kategori sangat baik (87.14%). Panduan dosen dikategorikan sangat baik (91%). Peningkatan hasil belajar mahasiswa sangat signifikan terbukti dengan adanya perbedaan nilai pretes dan postes sebesar 35.9. Artinya paket pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kekuatan paket pembelajaran yang telah disusun adalah (1) paket pembelajaran disusun secara sistematis untuk digunakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran (2) paket pembelajaran dapat menimbulkan minat baca (3) paket pembelajaran disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel (4) paket pembelajaran memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berlatih (5) paket pembelajaran mengakomodasi kesulitan mahasiswa (6) paket pembelajaran memberikan rangkuman sehingga mempermudah proses belajar mahasiswa (7) gaya penulisannya komunikatif dan semi formal (8) Kepadatan isinya berdasarkan kebutuhan mahasiswa (9) dikemas untuk proses instruksional sehingga disertai panduan dosen dan panduan mahasiswa untuk menjelaskan cara mempelajarinya. Sedangkan kelemahan paket pembelajaran ini adalah disusun berdasarkan karakteristik mahasiswa program studi pendidikan fisika sehingga keberadaannya sesuai dengan karakteristik mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Kanjuruhan Malang. Bila bahan ajar ingin digunakan secara luas perlu penyempurnaan atau revisi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57111 |
Actions (login required)
View Item |