Haris, Musoli (2011) Pengembangan paket pembelajaran biologi kelas X semester 2 untuk SMA Islam Kepanjen Kabupaten Malang / Musoli Haris. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata kunci Pengembangan Model Dick Carey Carey. Paket Pembelajaran Biologi. Salah satu usaha pemecahan masalah belajar adalah mengembangkan paket pembelajaran. Hasil pengamatan memperlihatkan pembelajaran mata pelajaran biologi di SMA Islam Kepanjen Kabupaten Malang belum menggunakan bahan ajar yang secara khusus dirancang untuk keperluan di SMA Islam Kepanjen Kabupaten Malang. Untuk itu perlu merancang dan mengembangkan suatu paket pembelajaran biologi yang sesuai dengan karakteristik pebelajar SMA Islam Kepanjen Kabupaten Malang. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran yang mengacu pada rancangan pembelajaran model Dick Carey Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri dari sepuluh langkah tetapi dalam pengembangan ini dilakukan sembilan langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan instrument penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesaian dan mengembangkan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran. Pengembangan paket dilakukan melalui lima tahap yaitu pertama menentukan mata pelajaran yang akan dikembangkan kedua mengidentifikasi silabus mata pelajaran yang dikembangkan ketiga merumuskan langkah-langkah pengembangan keempat menyusun dan menulis paket pembelajaran dan kelima uji coba dan revisi produk (paket pembelajaran). Hasil uji coba ahli isi terhadap bahan ajar berada pada kualifikasi baik hasil uji coba ahli desain untuk bahan ajar panduan guru panduan siswa masing-masing kualifikasi baik hasil uji coba ahli media bahan ajar panduan guru dan panduan siswa masing-masing dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan bahan ajar ditemukan 4 kesalahan penggunaan tanda baca dan 1 kesalahan penulisan huruf sedangkan panduan siswa tidak ada kesalahan. Hasil uji coba kelompok kecil bahan ajar kategori baik dan panduan siswa kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan bahan ajar dan panduan siswa oleh siswa kategori sangat baik tanggapan guru terhadap bahan ajar sangat baik panduan guru sangat baik dan panduan siswa baik. Hasil uji coba pre test dan post test dengan derajat kebebasan 30 dengan taraf signifikasi 945 0 05 dan 0 01 menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat dikatakan bahan ajar efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57101 |
Actions (login required)
View Item |