Pengembangan bahan ajar mata kuliah manajemen kelas pada Program Studi PGSD Universitas Tadulako Palu dengan menggunakan model R2D2 / Zulnuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah manajemen kelas pada Program Studi PGSD Universitas Tadulako Palu dengan menggunakan model R2D2 / Zulnuraini

Zulnuraini (2011) Pengembangan bahan ajar mata kuliah manajemen kelas pada Program Studi PGSD Universitas Tadulako Palu dengan menggunakan model R2D2 / Zulnuraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd M. Ed Pembimbing (II) Prof. Dr. Muhammad Effendi M.Kes M.Pd Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar PGSD Model R2D2 Universitas Tadulako Palu merupakan salah satu LPTK yang diberikan wewenang untuk menyelenggarakan pendidikan profesi khususnya guru sekolah dasar. PGSD mencetak calon guru yang sekolah dasar yang mempunyai standar kompetensi guru kelas SD/MI. Salah satunya kompetensi penguasaan pembelajaran yang mendidik di mana kompetensi ini memberikan kemampuan pengelolaan pembelajaran yang mendidik pada siswa yang tercermin dalam perencanaan pelaksanaan serta penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran secara dinamis untuk membentuk kompetensi siswa seperti yang dikehendaki. Dalam kurikulum PGSD kompetensi tersebut terdapat dalam matakuliah manajemen kelas. Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran matakuliah ini adalah dari sisi kuantitas jumlah buku ajar yang tersedia sangatlah terbatas Selain itu pebelajar mengalami kesulitan untuk memahami teks karena bahasa yang digunakan kurang komunikatif dan ada beberapa kosakata yang sulit dipahami atau dengan kurang sesuai dengan tingkat pengetahuan pebelajar. Dari materi buku ajar yang digunakan perlu dilakukan pemutakhiran agar sesuai dengan paradigma belajar saat ini sehingga ketika pebelajar tidak mengalami kesulitan ketika berada di lapangan. Menyikapi salah satu permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar yang didasari oleh kebutuhan dan karakteristik pebelajar program studi PGSD Universitas Tadulako Palu. Bahan ajar ini dikembangkan dengan menggunakan model R2D2 (recursive reflective design and development). Produk yang dikembangkan diujicobakan pada mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Uji coba produk yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu (1) review ahli materi (2) ahli media (3) uji coba perorangan (4) uji coba kelompok dan (5). Uji lapangan. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui angket dan wawancara. Hasil uji lapangan penilaian pebelajar terhadap bahan ajar 85 7 % dan panduan mahasiswa 80 24%. Sedangkan hasil penilaian pembelajar terhadap bahan ajar 80 1% dan panduan dosen 85%. Hasil penilaian ini kemudian dikonversi dan hasilnya produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi. Produk ini akan direvisi apabila ada tanggapan atau masukan yang dianggap bisa membuat produk ini menjadi lebih baik. Pengembangan produk selanjutnya alangkah baiknya apabila dilengkapi dengan perangkat lain yang menunjang bahan ajar seperti lembar kerja dan jika berkenan bisa mengembangkan dalam bentuk bahan ajar digital atau multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57094

Actions (login required)

View Item View Item