Pengembangan paket pembelajaran kimia untuk kelas XI IPA di SMAK Frateran malang / Francisca Wahyu Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran kimia untuk kelas XI IPA di SMAK Frateran malang / Francisca Wahyu Kurniawati

Kurniawati, Francisca Wahyu (2011) Pengembangan paket pembelajaran kimia untuk kelas XI IPA di SMAK Frateran malang / Francisca Wahyu Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan paket pembelajaran kimia Mata pelajaran Kimia merupakan salah satu pelajaran tersulit bagi kebanyakan siswa SMA. Kesulitan belajar kimia disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penyebabnya terkait dengan karakteristik ciri-ciri ilmu kimia itu sendiri yaitu (1) sebagian besar bersifat abstrak dan kompleks (2) berjenjang dan berurutan (3) memerlukan ketrampilan algoritma matematik. Faktor lain yang turut berperan sebagai penyebab kesulitan belajar kimia adalah karakteristik siswa. Karakteristik siswa Kelas XI IPA SMAK Frateran Malang yang dimaksud adalah (1) memiliki kemampuan yang bervariasi (2) ketertarikannya terhadap mata pelajaran kimia rendah (3) kemandirian belajar rendah (4) kemampuan perhitungan matematis sedang sampai rendah (5) kemampuan menafsirkan data berupa tabel grafik dan bagan kurang.Selain itu guru yang menyampaikan mata pelajaran kimia umumnya menggunakan bahan ajar serta media konvensional yang tidak mempertimbangkan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa. Tesis ini bertujuan mengembangkan suatu paket pembelajaran kimia yang mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik siswa. Paket pembelajaran yang dirancang sesuai kebutuhan siswa dapat meningkatkan ketertarikan siswa dan pada gilirannya akan meningkatkan prestasi belajarnya. Model pengembangan yang dipilih adalah model Dick and Carey instructional system design. Alasan pemilihan model ini karena model Dick and Carey menggunakan pendekatan sistem-prosedural sesuai dengan karakteristik mata pelajaran kimia yang berjenjang dan berurutan alasan lain adalah model ini dapat digunakan untuk pengembangan bahan pembelajaran pada ranah informasi verbal ketrampilan intektual psikomotor dan sikap yang relevan dengan Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan paket pembelajaran ini adalah (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) menyusun instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menghasilkan 5 (lima) produk yaitu (1) buku ajar (2) panduan siswa (3) panduan guru (4) buku kerja dan (5) cd pendukung pembelajaran. Proses pengembangan melibatkan ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu guru mata pelajaran kimia dan siswa SMAK Frateran Malang sebagai pengguna paket pembelajaran ini juga diminta memberikan tanggapan dan masukannya. Perbaikan produk pengembangan setelah reviewer ahli isi ahli desain dan ahli media dengan tahap-tahap (1) uji coba perorangan oleh 3 orang siswa sebagai responden (2) uji coba kelompok kecil dengan 9 siswa sebagai responden (3) uji coba lapangan dengan responden 21 siswa dan 1 guru kimia. Hasil uji coba lapangan menunjukkan (1) buku ajar memperoleh prosentase pencapaian 84 90% dari siswa dan 75% dari guru sehingga buku ajar berada dalam kualifikasi baik (2) panduan siswa memperoleh penilaian 81 16% dari siswa menunjukkan berada pada kualifikasi sangat baik (3) panduan guru memperoleh penilaian 80% dari guru menunjukkan berada pada kualifikasi baik (4) media pendukung memperoleh 86 03% dari siswa dan 80% dari guru menunjukkan kualifikasi baik. Paket pembelajaran kimia kelas XI IPA semester gasal yang dikembangkan oleh Francisca Wahyu Kurniawati dapat digunakan oleh siswa dan guru kimia kelas XI IPA SMAK Frateran Malang dan dapat digunakan oleh guru dan siswa SMA dengan memperhatikan saran pemanfaatan produk saran desiminasi dan saran pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57093

Actions (login required)

View Item View Item