Tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah ekonomi koperasi (studi fenomenologis pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ro'ufah Inayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah ekonomi koperasi (studi fenomenologis pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ro'ufah Inayati

Inayati, Ro'ufah (2011) Tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah ekonomi koperasi (studi fenomenologis pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ro'ufah Inayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pola interaksi tindak belajar ekonomi koperasi. Kegiatan pembelajaran merupakan perilaku sosial sehari-hari yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Dalam kegiatan pembelajaran terjadi interaksi antara mahasiswa dengan sesama mahasiswa mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan sumber belajar. Fenomena yang akan diamati dalam penelitian ini fokus pada tindak belajar mahasiswa yang terwujud dari proses interaksi selama kegiatan pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) pola interaksi dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi 2) tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Lokasi penelitian ini adalah di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM). Data yang dikumpulkan berupa data tentang tindak belajar mahasiswa yang berwujud tindakan dan kata-kata yang muncul selama terjadinya proses interaksi dalam kegiatan pembelajaran. Data tersebut diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan pada 40 orang mahasiswa yang menempuh matakuliah Ekonomi Koperasi pada semester genap 2008/2009. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan siklus model interaktif yang meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk keperluan pengecekan keabsahan data digunakan teknik perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pola interaksi dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi meliputi (a) interaksi antara mahasiswa dengan dosen terdiri dari interaksi antara dosen dengan seluruh mahasiswa di dalam kelas dan interaksi antara dosen dengan mahasiswa perorangan (b) interaksi antara mahasiswa dengan sesama mahasiswa dan (c) interaksi antara mahasiswa dengan sumber belajar 2) tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi meliputi tindak belajar pasif tindak belajar aktif-dengan pengharapan dan tindak belajar aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan yang dapat menggali lebih dalam lagi aspek-aspek tindak belajar mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Ekonomi Koperasi misal penelitian tentang tindak belajar mahasiswa berdasarkan gaya belajar masing-masing mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57092

Actions (login required)

View Item View Item