Wafa, Achmad Ali (2011) Pengembangan model purwarupa buku elektronik modul tutorial Microsoft Excel setengah layar pada matakuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Achmad Ali Wafa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci buku elektronik Microsoft Excel setengah layar modul tutorial. Sekarang ini pembelajaran berdasarkan komputer sudah ada di mana-mana dan dalam upaya membekali pengetahuan dan keterampilan menggunakan komputer untuk memenuhi kebutuhan dasar dirasakan perlunya pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan lingkungan pembelajarannya. Pengadaan buku elektronik merupakan pilihan yang efisien dan mempunyai daya tarik. Di jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan FE UM kebutuhan itu sangat dirasakan karena banyaknya kelas praktikum mata kuliah TIK setiap tahunnya. Permasalahannya adalah belum pernah ada buku elektronik semacam itu padahal sebenarnya dibutuhkan. Di samping itu memang ada kelangkaan bahan cetak dan perlunya revisi bahan yang biasanya dipergunakan sebagai panduan praktikum. Atas dasar pertimbangan di atas maka disini dicoba membuat buku elektronik sederhana yang unik berupa modul tutorial setengah layar sebagai upaya rintisan yang bertujuan untuk mengembangkan buku elektronik yang sesuai dengan prioritas kebutuhan dan mencoba mengetahui tanggapan mahasiswa yang sudah mencoba menggunakannya. Berdasarkan pengalaman sebagai instruktur praktik komputer dari peng-gunaan paket Microsoft Office Microsoft Excel merupakan pilihan bahan yang akan dijadikan buku elektronik dalam bentuk semacam modul tutorial karena dibanding yang lain materinya adalah yang paling kurang dikuasai oleh pembelajar karena memerlukan tingkat pemahaman yang harus disertai lebih banyak latihan. Landasan yang digunakan adalah first principles of instruction dari M. David Merrill yang menggunakan tahap-tahap pembelajaran mulai dari aktivasi demonstrasi aplikasi dan integrasi. Untuk itu agar dapat mempelajari sambil mempraktikkannya tanpa mengganggu perhatian pembelajar lalu dipilih format buku elektronik setengah layar (split-screen) yang landasannya adalah beberapa pendapat dan hasil temuan yang antara lain berdasarkan salah satu prinsip multimedia (split-attention effect) dan yang bersumber pada prinsip holistik dari hukum Gestalt. Sedangkan alasan format horisontal adalah karena untuk pembelajaran dan latihan pada Microsoft Excel tampaknya akan lebih banyak diperlukan kolom daripada baris. Aplikasi Microsoft Word yang sudah dikenal banyak orang digunakan sebagai aplikasi penyuntingan ditambah dengan aplikasi PaintShop dan aplikasi kompilasi buku elektronik SiteIn-File untuk membentuknya menjadi format setengah layar. Uji coba dan penilaian formatif dengan menggunakan instrumen evaluasi terhadap produk purwarupa yang bermedia kepingan CD ini melibatkan beberapa lapisan kelompok uji coba yaitu dari orang yang ditunjuk sebagai orang yang pantas memberikan pertimbangan dan penilaian dalam hal desain materi dan tampilan layar (dengan lembar evaluasi komponen) perseorangan (evaluasi dengan lembar pertanyaan jawaban terbuka) kelompok kecil (evaluasi dengan lembar pertanyaan jawaban terbuka) dan kelompok besar (evaluasi dengan lembar kuesioner pilihan jawaban empat opsi dan juga jawaban bebas atas beberapa pertanyaan). Dari hasil kegiatan uji coba setelah sampai pada kelompok besar (opsi tertutup) pendapat yang tergolong positif (setuju dan sangat setuju) tentang penggunaan model buku elektronik setengah layar dilihat dari berbagai segi telah mencapai lebih dari 70% dan sesuai dengan kriteria pada dasarnya tidak lagi diperlukan revisi. Revisi yang dilakukan setelahnya adalah untuk menanggapi tanggapan kelompok besar (opsi terbuka) yang menyarankan adanya perbaikan tampilannya di layar monitor perubahan penyajian materi yang kurang jelas agar lebih jelas dan penambahan materi. Sebelum didiseminasikan dengan berbagai opsi dan dipakai di luar lingkungan pembelajaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dipandang perlu untuk dimantapkan terlebih dahulu dengan uji coba pada kelas-kelas praktikum berbasis komputer di jurusan-jurusan lain di dalam lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan dikaji lebih lanjut untuk melengkapinya dengan melibatkan lebih banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57091 |
Actions (login required)
View Item |