Pengembangan paket pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IV dengan menggunakan model Dick & Carey di SD UMMU Aiman Lawang / Ayib Devi Sofia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IV dengan menggunakan model Dick & Carey di SD UMMU Aiman Lawang / Ayib Devi Sofia

Sofia, Ayib Devi (2010) Pengembangan paket pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IV dengan menggunakan model Dick & Carey di SD UMMU Aiman Lawang / Ayib Devi Sofia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK DARI TESIS PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DICK CAREY DI SD UMMU AIMAN LAWANG AYIB DEVI SOFIA Ayib Devi Sofia. 2010. Pengembangan Paket Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV dengan Menggunakan Model Dick Carey di SD Ummu Aiman Lawang. Tesis. PSSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd (2) Dr. Waras Kamdi M.Pd Kata kunci Pengembangan paket pembelajaran pendidikan agama Islam model Dick Carey Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan sumber belajar dalam PAI perlu dirancang dan dikembangkan suatu paket pembelajaran yang terdiri atas bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Tujuan pengembangan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah untuk menghasilkan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang memfasilitasi pembelajaran pembentukan sikap atau aspek afektif dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Model yang digunakan dalam mengembangkan paket pembelajaran ini adalah model Dick Carey (2001). Model ini terdiri dari 10 langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai 9 langkah karena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah-langkah tersebut adalah (1) Analisis kebutuhan untuk menentukan tujuan (2) Analisis pembelajaran (3) Identifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) Merumuskan TPK (5) Mengembangkan butir-butir tes (6) Mengembangkan srategi pembelajaran (7) Memilih dan mengembangkan materi (8) melakukan evaluasi formatif (9) Merevisi pembelajaran. Pemilihan penggunaan model Dick Carey dalam pengembangan desain pembelajaran ini didasarkan pada beberapa alasan yaitu (1) Materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan materi yang penyajiannya memerlukan urutan-urutan tertentu secara sistematis. Misalnya pada materi Surat-surat Al-Qur an terdiri dari materi bacaan surat arti surat dan kajian surat dimana penyajiannya tidak boleh ditukar-tukar. Sifat-sifat materi seperti ini sangat sesuai untuk dikembangkan dengan model Dick Carey (2) Menurut beberapa penelitian bahwa pemanfaatan sumber belajar berupa paket pembelajaran model Dick Carey secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar (Sumlah 1999 Umarela 2005 Tegeh 2006) Produk pengembangan berupa paket pembelajaran yang terdiri atas bahan ajar panduan guru dan panduan siswa diujicobakan melalui evaluasi formatif yang meliputi beberpaa tahap yaitu review ahli isi materi review ahli desain dan media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Data hasil evaluasi formatif berupa saran tanggapan dan penilaian dari subjek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan paket pembelajaran yang dihasilkan. Hasil review dari uji 2 ahli isi materi maupun dari uji ahli desain dan media untuk komponen bahan ajar menunjukkan pada kategori sangat baik dengan presentase pada ahli isi materi adalah 90% dan 95% sedangkan pada ahli desain dan media adalah 91 67%. Untuk panduan guru juga berada pada kualifikasi sangat baik dengan presentase 92 5% dan 95% dari 2 ahli isi materi dan 90 38% dari ahli desain dan media. Panduan siswa juga berada pada kategori sangat baik dengan presentase 95% dan 92 5% dari 2 ahli isis materi dan 92 31% dari ahli desain dan media. Dari hasil uji coba perorangan pengembang mendapat banyak masukan dan penilaian khususnya yang berkaitan dengan keterbacaan paket pembelajaran. Setelah direvisi dari uji perorangan produk pengembangan diujicobakan pada kelompok kecil melalui angket. Hasil rerata presentase yang diperoleh untuk komponen bahan ajar sebesar 88 83% dan berada pada kategori sangat baik. untuk panduan siswa rerata presentase yang diperoleh sebesar 92% yang juga berada pada kategori sangat baik. Adapun saran dari siswa pada uji kelompok kecil terutama berkaitan dengan pemberian contoh-contoh pada isi materi dan penggunaan kata-kata yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Data dari hasil uji coba lapangan tentang tanggapan siswa terhadap bahan ajar mendapat rerata presentase sebesar 89 2% yang berada pada kategori sangat baik. Sedangkan data tanggapan guru terhadap bahan ajar adalah sebesar 90% pada kategori sangat baik. Untuk panduan siswa memperoleh rerata presentase sebesar 89 42% dan panduan guru sebesar 92 5% berada pada kategori sangat baik. Untuk menguji efektifitas penggunaan paket pembelajaran digunakan uji t dari hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean hasil posttest (91 84) pretest (72) dengan taraf signifikan 0 000 0 05. t hitung (20 030) t table (2 064). Dengan demikian terbukti paket pembelajaran efektif dapat meningkatkan hasil belajar. Dari serangkaian uji coba dapat diketahui kelebihan dan keterbatasan paket pembelajaran yang telah dikembangkan yaitu (1) bahan ajar ini dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang (2) panduan guru didesain dengan menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan pada pembentukan sikap yaitu menggunakan strategi pembelajaran Kontekstual atau CTL (Contextual Teaching Learning). Dimana pembelajaran kontekstual ini siswa diajak untuk beraktivitas dalam mengembangkan kemampuan sosialitasnya sehingga siswa tidak hanya mencatat dan menonton saja akan tetapi melakukan sendiri kegiatan pembelajaran (3) Desain paket pembelajaran disertai dengan gambar ilustrasi lay out warna dan tampilan teks yang mengikuti prinsip desain pesan dengan tujuan untuk menarik perhatian dan membangkitkan motivasi belajar siswa (4) Panduan guru dan panduan siswa yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pebelajar dan pembelajar dikarenakan di dalamnya terdapat petunjuk dan informasi penting tentang proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57085

Actions (login required)

View Item View Item