Pengembangan paket pembelajaran matakuliah pendidikan kewarganegaraan dengan model Dick & Carey pada Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam / Irma Yurni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran matakuliah pendidikan kewarganegaraan dengan model Dick & Carey pada Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam / Irma Yurni

Yurni, Irma (2010) Pengembangan paket pembelajaran matakuliah pendidikan kewarganegaraan dengan model Dick & Carey pada Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam / Irma Yurni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yurni Irma. 2009. Pengembangan Paket Pembelajaram Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Dick Carey pada Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam. Tesis Jurusan Teknologi Pmbelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd. (11) Dr. Waras Kamdi M.Pd Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Model Dick Carey Pembelajaran adalah suatu proses yang sistematik dimana setiap komponen saling berpengaruh bagi keberhasilan pebelajar dalam proses pembelajaran. Hal ini berarti pebelajar perlu berinteraksi dengan sumber-sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran perekayasaan metode pembelajaran yang meliputi strategi pengorganisasian strategi penyampaian dan strategi pengelolaan pembelajaran harus terus menerus diupayakan. Upaya di atas dilakukan agar pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif efisien dan memiliki daya tarik yang tinggi. Daya tarik pembelajaran biasanya diukur dengan kecenderungan pebelajar untuk terus belajar dan ketertarikan pada mata kuliah. Dalam menciptakan sebuah proses pembelajaran yang efektif efesien dan memiliki daya tarik diperlukan sumber-sumber belajar yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran yang lebih berkualitas. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sumber belajar berupa bahan ajar dan paket pembelajaran masih sangat minim yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mahasiswa Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam. Pemecahan masalah terpenting yang harus segera di tangani adalah pengadaan bahan ajar dan paket pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan paket pembelajaran mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah. Namun dalam pengembangan ini hanya di lakukan Sembilan langkah yakni (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi prilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi pembelajaran. Hasil pengembangan berupa draf paket pembelajaran di uji cobakan. Uji coba yang telah di lakukan meliputi uji coba ahli isi matakuliah uji coba ahli desain pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penilaian/tanggapan dari masing-masing tahap digunakan sebagai masukan proses penyempurnaan paket pembelajaran. Hasil uji coba ahli materi untuk bahan ajar dalam kategori baik dari hasil uji coba ahli desain bahan ajar dalam kategori baik dari hasil uji coba perorangan pengembang sedikit mendapatkan perbaikan saran dan masukan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil bahan ajar termasuk kategori baik dengan rerata persentase 82 7%. Panduan mahasiswa juga termasuk kategori baik dengan rerata persentase 79 7%. Untuk uji coba lapangan bahan ajar termasuk kategori baik dengan rerata persentase 79 5%. Penilaian dosen pembina matakuliah terhadap bahan ajar termasuk kategori sangat baik dengan rerata persentase 90%. Panduan mahasiswa berada dalam kategori sangat baik 90 %. Panduan dosen juga berada dalam kategori sangat baik 90%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa sangat signifikan terbukti dengan adanya perbedaan nilai pretes dan postes sebesar 17. Artinya paket pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kekuatan paket pembelajaran yang telah disusun adalah (1) paket pembelajaran disusun secara sistematis untuk digunakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran (2) paket pembelajaran dapat menimbulkan minat baca (3) paket pembelajaran ditulis dan dirancang untuk kepentingan mahasiswa sehingga strukturnya berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai (4) paket pembelajaran menjelaskan dan mencantumkan tujuan pembelajaran (5) paket pembelajaran disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel (6) paket pembelajaran memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berlatih (7) paket pembelajaran memberikan rangkuman sehingga mempermudah proses belajar mahasiswa (8) kepadatan isinya berdasarkan kebutuhan mahasiswa (9) dikemas untuk proses instruksional sehingga disertai panduan dosen dan panduan mahasiswa untuk menjelaskan cara mempelajarinya. Sedangkan kelemahannya paket pembelajaran ini adalah disusun berdasarkan karakteristik mahasiswa Universitas Malikussaleh sehingga keberadaannya sesuai dengan karakteristik mahasiswa Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam. Bila bahan ajar ini ingin digunakan secara luas perlu penyempurnaan atau revisi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57079

Actions (login required)

View Item View Item