Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan menengah I yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran kontekstual di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang / Apit Miharso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan menengah I yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran kontekstual di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang / Apit Miharso

Miharso, Apit (2010) Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan menengah I yang berorientasi pada pendekatan pembelajaran kontekstual di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang / Apit Miharso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Miharso Apit. 2009. Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I yang Berorientasi pada Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Dr. Waras. Kata kunci pengembangan paket pembelajaran kontekstual Akuntansi Keuangan Menengah I Mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I merupakan salah satu cabang bidang studi akuntansi yang memiliki wilayah kajian pada proses akuntansi untuk rekening-rekening aset yang disajikan pada neraca dalam laporan keuangan. Mata kuliah ini mempunyai peran yang penting karena (1) sebagai dasar untuk mata kuliah lainnya (2) sebagai salah satu materi yang sering diujikan pada saat tes rekruitmen untuk memasuki dunia kerja. Oleh karena itu jurusan akuntansi dituntut untuk dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas agar dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan yang tinggi dan didukung oleh pengetahuan akuntansi yang memadai. Keberadaan bahan ajar mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan. Bahan ajar yang tersedia selama ini adalah textbook yang diorientasikan untuk kepentingan program pendidikan strata 1. Untuk itu diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan pendidikan Politeknik. Dalam penelitian ini ciri pendidikan Politeknik adalah pendidikan vokasional oleh karena itu sesuai dengan judul penelitian pengembangan bahan ajar Akuntansi Keuangan Menengah I ini diarahkan pada bahan ajar yang berorientasi pada pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi riil dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk membuat hubungan antara pegetahuan dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga warga negara dan pekerja. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mengembangkan paket pembelajaran mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model desain Dick Carey. Pengembangan bahan ajar ini dilaksanakan dengan melalui beberapa tahap yaitu (1) menetapkan kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan (2) melaksanakan analisis instruksional (3) menganalisis karakteristik mahasiswa (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir soal (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan menyeleksi bahan instruksional (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif terhadap bahan ajar dan (9) merevisi bahan ajar. Prosedur pengembangan paket pembelajaran ini melalui 5 tahap utama yakni (1) menentukan mata kuliah yang akan dikembangkan (2) mengidentifikasi silabus matakuliah yang akan dikembangkan (3) proses pengembangan sesuai dengan langkah-langkah model Dick dan Carey (4) Penyusunan dan penulisan buku ajar yang terdiri dari panduan mahasiswa tujuan umum pembelajaran tujuan khusus pembelajaran uraian isi rangkuman soal-soal latihan dan panduan dosen (5) merancang dan melakukan evaluasi formatif evaluasi ini meliputi tinjauan oleh ahli bidang studi tinjauan oleh ahli desain uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan serta (6) melakukan revisi terhadap bahan ajar sesuai dengan tanggapan dan penilaian evaluasi formatif. Penyebarluasan (diseminasi) penelitian ini belum menjangkau upaya diseminasi yang sesungguhnya misalnya menggandakan produk dalam jumlah yang banyak untuk disebarkan ke lingkup pemakaian yang luas. Produk akhir pengembangan hanya didiseminasi di lingkungan terbatas 4 kelas Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Produk akhir penelitian pengembangan ini berupa model bahan ajar Akuntansi Keuangan Menengah I untuk mahasiswa jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Produk akhir yang berorientasi pada pendekatan kontekstual ini telah memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Untuk pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar akuntansi keuangan menengah I beberapa saran yang diajukan adalah (a) untuk mendukung keberhasilan dosen dalam membina dan menggunakan bahan ajar ini masih perlu dikembangkan lagi latihan soal lembar penilaian lembar kemajuan prestasi mahasiswa dan media pembelajaran pendukung (b) jika bahan ajar ini digunakan pada lembaga pendidikan sejenis yang lain perlu dilakukan kembali analisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa agar materi yang disajikan benar-benar sesuai dengan karakteristik mahasiswa yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57075

Actions (login required)

View Item View Item