Pengembangan paket pembelajaran dengan model Dick, Carey & Carey pada mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 5 Palu Sulawesi Tengah / Emmi Sianturi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran dengan model Dick, Carey & Carey pada mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 5 Palu Sulawesi Tengah / Emmi Sianturi

Sianturi, Emmi (2010) Pengembangan paket pembelajaran dengan model Dick, Carey & Carey pada mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 5 Palu Sulawesi Tengah / Emmi Sianturi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan pembelajaran mata pelajaran fisika di SMA Negeri 5 Palu belum menggunakan bahan ajar atau buku yang dirancang khusus untuk keperluan proses pembelajaran. Oleh karena itu dirasa perlu untuk merancang dan mengembangkan suatu paket pembelajaran fisika.Paket pembelajaran yang dikembangkan berupa mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X semester 1 terdiri dari 3 bagian yaitu bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Pengembangan paket pembelajaran ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran membantu guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Hasil uji coba ahli isi untuk bahan ajar berada dalam kategori sangat baik hasil uji coba ahli desain untuk bahan ajar berada dalam ketegori sangat baik untuk panduan guru dalam kategori baik dan panduan siswa dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba ahli media bahan ajar berada dalam ketegori baik panduan guru dalam kategori sangat baik panduan siswa sangat baik. Hasil uji coba perorangan bahan ajar terdapat 18 kesalahan dalam pengetikan 15 kesalahan dalam penggunaan tanda baca 5 huruf yang seharusnya huruf besar 1 huruf yang seharusnya huruf kecil 4 hal-hal lain yang perlu diperbaiki hasil uji coba kelompok kecil bahan ajar dalam kategori sangat baik panduan siswa dalam kategori sangat baik Hasil uji coba lapangan bahan ajar hasil tanggapan siswa dalam kategori sangat baik hasil tanggapan guru dalam kategori sangat baik panduan siswa dalam kategori sangat baik dan panduan guru dalam kategori sangat baik. Hasil pre tes dan post tes dengan derajat kebebasan 29 dan taraf signifikansi 0 05 di dapat t hitung 19 44 lebih besar dari t tabel 2 042 maka dapat dikatakan bahwa perbedaan mean tersebut menyakinkan atau dengan kata lain bahan ajar yang digunakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57074

Actions (login required)

View Item View Item