Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris teknik 1 dengan pendekatan kontekstualisme fungsional: materi ESP (English for Specific Purpose) untuk mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon / Meiti Leatemia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris teknik 1 dengan pendekatan kontekstualisme fungsional: materi ESP (English for Specific Purpose) untuk mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon / Meiti Leatemia

Leatemia, Meiti (2009) Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris teknik 1 dengan pendekatan kontekstualisme fungsional: materi ESP (English for Specific Purpose) untuk mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon / Meiti Leatemia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Politeknik merupakan pendidikan profesional yang diarahkan pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Sistem dan penyelenggaraan pendidikan mengacuh pada kurikulum nasional program Diploma 3.Dalam perkembangannya kurikulum Politeknik disesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat maupun pemakai jasa. Bahasa Inggris merupakan bahasa global bahasa yang digunakan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu prasyarat utama dalam memasuki industri atau pasar kerja adalah penguasaan bahasa Inggris. Umumnya di Indonesia bahasa Inggris dibelajarkan dalam konteks bahasa asing. Bahasa Inggris teknik I merupakan mata kuliah yang diberikan untuk setiap program studi pada jurusan rekayasa di Politeknik Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa output lulusan Politeknik tidak dapat menggunakan bahasa Inggris teknik dalam bidangnya di industri. Hal ini dikarnakan karena 1) kurang tersedianya materi-materi bahan ajar bahasa Inggris teknik yang relevan dengan pengetahuan dasar maupun pengetahuan praktis teknik mesin baik di bengkel maupun di industri 2) materi-materi yang digunakan dalam buku ajar kurang menarik 3) Dosen bahasa Inggris kurang kreatif dan kurang tepat dalam memilih materi maupun merancang buku ajar yang digunakan 4)tidak mempertimbangkan pendekatan psikologi dan metodologi pembelajaran maupun kharakteristik pebelajar. Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut maka penulis mencoba menggunakan pendekatan kontektualisme fungsional dalam memilih materi-materi buku ajar bahasa Inggris Teknik I agar lebih bermakna bagi pebelajar dengan lingkungan belajar teknik mesin sedangkan pengembangannya menggunakan model Dick Carey Carey. Produk pengembangan yang dihasikan berbentuk paket pengembangan tektual yakni (1) buku ajar (2) panduan dosen dan (3) panduan mahasiswa.Tujuan pengembangan agar pebelajar dapat meningkatkan kualitas hasil belajar bahasa Inggris teknik I dan menggunakannya di lapangan pekerjaan (market place). Hasil uji coba produk diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam penggunaan produk sebagai sumber belajar maupun sebagai reference dalam kajian-kajian teori yang berhubungan dengan penelitian pengembangan bidang ET/IT. Setelah melakukan revisi berdasarkan angket penilaian hasil wawancara maupun diskusi dengan para Ahli isi maupun Ahli media dan racangan pembelajaran maka produk pembelajaran tersebut diujicobakan. Penilitian pengembangan ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Ambon. Mahasiswa teknik mesin yang dijadikan subjek coba dalam penelitian ini yakni 3 orang mahasiswa untuk uji coba perorangan 8 orang mahasiswa untuk uji kelompok kecil uji lapangan adalah 1 orang dosen bahasa Inggris dan 15 orang mahasiswa teknik mesin . Penelitian pengembangan ini menggunakan angket skala 5 sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Setelah diujicobakan pada tahap uji perorangan hasil menunjukan bahwa produk buku ajar dan panduan mahasiswa perlu direvisi baik menyangkut kesalahan ketik kesalahan penggunaan huruf basar/ huruf kecil kesalahan penggunaan tanda baca dan sebagainya. Dari hasil uji coba kelompok kecil maka didapati bahwa produk paket pembelajaran khususnya buku ajar rerata mencapai 89 25 % dan produk panduan mahasiswa mencapai 89 25 % keduanya dinyatakan baik tingkat kualifikasinya. Hasil uji coba lapangan dari 1 responden yakni dosen bidang studi menyatakan rerata pencapaian produk buku ajar 93 33 % dinyatakan sangat baik panduan dosen 83 75 % dinyatakan baik dan panduan mahasiswa 83 33 % dinyatakan baik. Dari hasil angket 15 responden ditemukan bahwa rerata panduan mahasiswa mencapai 90 06 % dan produk buku ajar mencapai 93 32 % kedua produk ini dinyatakan sangat baik tingkat kualifikasi. Untuk melihat efektifnya penggunaan produk buku ajar dilapangan peneliti melakukan pre-test sebelum melakukan perlakuan kegiatan pembelajaran selama 3 kali pertemuan dan diakhiri dengan pemberian post-test. Berdasarkan data hasil pre-test dan post-test tersebut maka dilakukan analisa parametrik dengan menggunakan uji t untuk dua sampel berhubungan dengan menggunakan bantuan program komputer SPPS 13. Dari hasil uji t ditemukan bahwa hasil belajar sesudah menggunakan paket pembelajaran lebih baik dari sebelum. Maka dapatlah disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa sesudah menggunakan paket pembelajaran bahasa Inggris teknik I.dibandingkan dengan sebelum menggunakan produk pembelajaran. Dengan demikian penggunaan produk paket pembelajaran bahasa Inggris teknik I dengan pendekatan kontektualisme fungsional ini lebih efektif untuk meningkatkan kualitas hasil belajar bahasa Inggris teknik I mahasiswa teknik mesin. Beberapa saran yang diajukan diperkirakan dapat meningkatkan presentase dan kualitas pemanfaatan produk adalah saran (1) pemanfaatan produk (2) desiminasi produk (3) dan kelanjutan pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57069

Actions (login required)

View Item View Item