Pengaruh interaksi antara pemberian balikan dan sikap pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MTs putra-putri kelas 2 Lamongan / Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh interaksi antara pemberian balikan dan sikap pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MTs putra-putri kelas 2 Lamongan / Santoso

Santoso (2009) Pengaruh interaksi antara pemberian balikan dan sikap pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MTs putra-putri kelas 2 Lamongan / Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran fisika pada umumnya di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) kurang mendapatkan perhatian secara positif. Hal ini ditunjukkan dengan kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sikap pembelajaran pebelajar terhadap mata pelajaran fisika masih rendah. Mayoritas dari jumlah siswa ketika mata pelajaran fisika berlangsung merasakan adanya kurang percaya diri kurang antusias ada kecenderungan ketakutan yang tidak mendasar dan sikap-sikap lain yang tidak mendukung terhadap pembelajaran fisika. Pemberian balikan merupakan salah satu teknik untuk membuat siswa aktif mempelajari kembali kegagalannya dalam mengerjakan tes atau latihan. Balikan dilakukan sebagai suatu interaksi antara guru dengan pebelajar yang dipakai untuk respon pekerjaan tes pebelajar. Menurut Bloom dan Bourden (1980) cara pemberian balikan ada dua yaitu 1) pemberian balikan secara simbolik artinya pemberian informasi kepada siswa tentang hasil kerjanya dalam mengerjakan tes atau latihan dengan memberikan tanda benar ke yang benar dan memberikan tanda salah kepada yang salah dengan menggunakan simbol 2) balikan ekspositorik yaitu pemberian informasi kepada siswa tentang hasil kerjanya dalam mengerjakan tes atau latihan secara terperinci. Penelitian yang dilaksanakan di MTs Putra-Putri Lamongan ini bertujuan 1) menguji keefektifan pembelajaran fisika dengan balikan ekspositorik dan simbolik dalam peningkatan motivasi belajar 2) menguji perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok siswa yang diberi balikan ekspositorik dan simbolik pelajaran fisika 3) menguji perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki sikap pembelajaran tinggi dan sikap pembelajaran rendah 4) menguji perbedaan motivasi belajar antara siswa yang memiliki sikap pembelajaran tinggi dan sikap pembelajaran rendah dan 5) Mendeskripsikan pengaruh interaksi antara pemberian balikan dan sikap pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah perbedaan tingkat motivasi belajar antara kelompok siswa yang diberi balikan ekspositorik dan simbolik mata pelajaran fisika siswa 2) adakah perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok siswa yang diberi balikan ekspositorik dan simbolik 3) adakah perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki sikap pembelajaran tinggi dan rendah pada mata pelajaran tersebut 4) adakah perbedaan motivasi belajar antara siswa yang memiliki sikap pembelajaran tinggi dan rendah pada mata pelajaran fisika 5) apakah ada pengaruh interaksi antara pemberian balikan dan sikap pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar dan apakah ada pengaruh interaksi antara pemberian balikan dan sikap pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika pada siswa Madrasah Tsanawiyah Putra-Putri Lamongan Penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu (quasi-expriment) dengan rancangan faktorial 2x2. Subyek penelitian ini adalah 244 siswa diambil secara random yang terdiri dari kelas 2A 42 2B 39 2C 43 2D 40 2E 39 2F 41 siswa MTs Putra-Putri semester genap tahun pelajaran 2006/2007. Pengukuran skala sikap diperoleh masing-masing kelompok terbagi dalam 13 orang memiliki sikap positif dan 12 orang memiliki sikap negatif. Signifikansi pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap setiap variabel tergantung baik secara mandiri maupun interaksi dianalisis dengan analisis kovarian dua jalur MANAKOVA. Data dianalisis dengan menggunakan komputer program SPSS.13.00 for Windows. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil perolehan belajar untuk berbagai tingkatan kovariat. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai statistik F 42 923 dengan angka signifikansi 0 000 (p0 05) 5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil perolehan belajar antar kelompok pembelajaran fisika yang bersikap tinggi dan yang bersikap rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai statistik F 19 874 dengan angka signifikansi 0 000 (p0 05). Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran 1) para Pembelajar fisika dalam implementasinya diharapkan pembelajaran diakhiri dengan penyegaran kembali konsep-konsep yang belum dipahami ketika diadakannya tes dan penanaman sikap positif 2) seyogyanya guru memberikan waktu saling membelajarkan yang cukup dan pemberian motivasi belajar yang mengarahkan mereka agar lebih aktif dalam proses pembelajaran. Saran-saran penelitian lanjutan 1) Penelitian lanjutan hendaknya dapat diarahkan pada topik-topik pembelajaran yang lain terutama untuk materi-materi yang diangap sulit oleh siswa 2) Penelitian tentang pengaruh sikap dapat dikembangkan tidak hanya pada sikap terhadap pembelajaran yang berfungsi sebagai variabel moderator tetapi sikap dapat dikembangkan menjadi variabel tergantung yaitu sikap terhadap mata pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57063

Actions (login required)

View Item View Item