Keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan subjective well being siswa SMP / Ike Kurnia Ani Khusana - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan subjective well being siswa SMP / Ike Kurnia Ani Khusana

Khusana, Ike Kurnia Ani (2018) Keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan subjective well being siswa SMP / Ike Kurnia Ani Khusana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Khusana. Ike Kurnia Ani. 2018. Keefektifan Teknik Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Subjective Well Being Siswa SMP. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd (II) Dr. Triyono M.Pd Kata Kunci Menulis Ekspresif Subjective Well Being Visual art Subjective well being remaja yang rendah dapat mengakibatkan remaja kurang percaya diri pesimis depresi gangguan perilaku perasaan negatif gangguan psikologis dan gangguan psikososial. Rendahnya subjective well being remaja dilatarbelakangi oleh kepuasan hidup yang rendah afek menyenangkan yang rendah dan afek tidak menyenangkan yang tinggi. Salah satu penyebab kurangnya subjective well being adalah remaja tidak memiliki media untuk mengungkapkan perasaan keinginan dan pengalamannya serta remaja cenderung memendam sendiri perasaan dan pengalaman negatifnya. Bila hal tersebut tidak segera ditangani akan menghambat proses aktualisasi diri remaja. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan subjective well being siswa melalui media menulis ekspresif dan visual art. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dengan intervensi menulis ekspresif dan kelompok kontrol dengan intervensi visual art. Penentuan subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Subjek sebanyak sepuluh siswa dengan pembagian lima siswa dalam kelompok eksperimen dan lima siswa dalam kelompok kontrol. Subjek merupakan siswa yang memiliki subjective well being rendah berdasarkan pengisian pada skala subjective well being. Penelitian dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan pertemuan pertama digunakan untuk pretest pertemuan kedua sampai keenam digunakan untuk intervensi menulis ekspresif dan visual art sedangkan pertemuan ketujuh digunakan untuk posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah skala subjective well being panduan menulis ekspresif dan panduan visual art. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon signed rank test dan Uji Mann-whitney U test. Hasil Uji Wilcoxon signed rank test menunjukkan adanya peningkatan subjective well-being pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah dilakukan intervensi. Berdasarkan uji mann whitney kelompok eksperimen dengan intervensi menulis ekspresif memperoleh data mean sebesar 8 00 dan kelompok kontrol dengan intervensi visual art diperoleh mean sebesar 3 00 sehingga (8 00 3 00) maka dapat disimpulkan bahwa teknik menulis ekspresif efektif untuk meningkatkan subjective well-being siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56957

Actions (login required)

View Item View Item